Cacar Air pada Usia Dewasa

3 minggu gak update

Gara-gara aku kena cacar air 😦

Sadly memang.. kena yang parah pulak.. 2 minggu tergolek .. minggu ke-3 baru pengeringan… Jadi kayak nyai Grandong !! Suerr!!

Apesnya dapet di wajah full tak tersisa sesentipun. Namun sampai sekarang bekasnya masih tahap pemulihan.

Nah memang seumur hidupku aku belum pernah kena cacar, yah akhirnya kena juga deh. Dan ternyata cacar air pada orang dewasa lebih membahayakan daripada terserang pada anak kecil. Inilah sebabnya banyak orang berpendapat lebih baik terserang saat kecil. Karena ini bisa menyerang organ dalam, tidak sekedar bekas di kulit saja

Gejala :

  • Panas tinggi sekitar 3 hari (39’C)
  • Badan pegal2 tanpa disertai batuk dan pilek
  • pada hari ke-2/ke-3 muncul bintik kecil berisi air.. lama kelamaan bintik kecil ini akan membesar dan mengering dengan sendiri-nya. **jangan dipecah!!
  • Tenggorokan susah menelan, sangat susah karena ada cacar yan timbul di bibir, mulut dan tenggorokan. Jadi siap2lah makan blender dan bubur 🙂

Pengobatan (resmi):

  • datang ke dokter .. disarankan dokter spesialis kulit agar pengobatan lebih maksimal
  • Akan diberi obat antibitiok dan antivirus yang diminum 5x/hari
  • Minum Vitamin Imboost … **rada mahal tapi sangat membantu pemulihan
  • Mandi dengan PK atau detol antiseptik. Namun berhati-hatilah saat membasuh badan, jangan sampai ada yang pecah.. menurut saya lebih baik jarang mandi agar probabilitas pecah sedikit **bintik air ini sangat2 mudah pecah
  • Minum air putih banyak dan makanan bergizi. Karena ini virus, jadi harus sekuat tenaga melawannya
  • Hindari udara luar dan angin, karena saat tsb badan dalam kondisi terlemah sehingga mudah terserang virus yang terbawa oleh angin/udara.

Pengobatan (Tradisional)

  • Saat mulai muncuk bintik langsung minum kelapa Ijo, agar cepat muncul bintiknya.
  • Agar tidak berbekas, setiap hari pakai parutan jagung muda.
  • Agar cepat kering dan berbekas ada juga yang memakai arak cina tiap 2jam sekali di bintik2 cacar-nya. Dijamin cepat kering dan tidak berbekas
  • Agar cepat kering bisa juga memakai salep propolis… ini info dr teman namun saya tdk sempat memakai krn sudah sembuh

Peringatan :

  • Jangan menggaruk atau mengutak atik bintik cacar air, karena akan bernanah dan berbekas.. tidak hanya warna namun bisa timbul lubang atau keloid (daging tumbuh)
  • Jangan cepat tersinggung, karena sebagai penderita cacar air akan dihindari oleh banyak orang ^^
  • Hindari Ibu hamil, karena virus cacar air bisa menular ke janin (walopun ibunya sudah pernah kena cacar air) yang mana mempengaruhi saraf calon bayi tsb. bahayaaa khaan.
  • Penularan cacar air adalah saat badan penderita dalam kondisi demam tinggi. Jika sudah proses pengeringan itu tidak menular… **ini ditanyakan ke 2 dokter spesialis.. Penyakit dalam dan dokter Kulit

jadi waspadalah dan siapkan dengan informasi sebanyak mungkin agar cepat pulih dan sembuh 🙂

Kesehatan itu penting

Akhir-akhir bulan ini, aku dikejutkan dengan bbrp berita

  • Kakak sepupu (Ipar) yang sehat bugar, tiba-tiba di diagnosa kanker paru-paru stadium 4 saat sedang general checkup iseng-iseng, sekitar 3 bulan lalu.
  • Artis terkenal dan politikus ADjie Massaid yang terlihat gagah dan bugar, bahkan membintangi bbrp iklan ttg kesehatan, tiba-tiba meninggal karena serangan jantung
  • Temen gereja, baru berusian awal 40-an meninggal dunia setelah latihan futsal. meninggalkan 2 orang anak yang masih kecil dan seorang istri yang sangat cantik
  • Tanteku yang paling kecil tiba-tiba, didiagnosa tumor/kanker paru.
  • Temen gereja masih usian 20-an, meninggal setelah koma 3 hari karena pre-eklamsia. Meninggalkan seorang suami dan bayi prematur dengan berat 1,5kg. (baru hari Senin kemaren)

sakit itu luar biasa gak enaaak !!

Rasanya miris dan takut…sejenak ada rasa tidak percaya.

Tapi beginilah jadinya dunia saat ini, bahkan di detikhealth beberapa waktu yang lalu disebutkan,”pria dengan kelahiran setelah tahun 1980, mengalami penurunan kualitas sperma”. Seakan-akan manusia sebuah produk pabrik !!

tanaman organik

Beginilah dunia saat semua jarang melihat tanah, jarang melihat wortel yang masih berbalut tanah, ataupun bayam dengan akar penuh tanah, yang menghirup udara segar bebas polusi adalah sebuah kemewahan, produk instan yang diklaim menolong banyak orang (terutama saat bencana alam) merupakan salah satu sponsor utama bahan karsinogen pembawa kanker !!

makanan instan murah dan enak

Pasti sudah tidak asing dengan Mie Instan, Sarden kaleng, sambal botolan, saus botolan, penyedap rasa,ayam boiler, telur boiler, dll. (berani taruhan barang2 itu semua ada disemua dapur !!)

Dan ternyata sekarang menjaga kesehatan itu mahaall. Dan inilah bbrp tips menjaga kesehatan. Kenaapaa??

  1. Olahraga – Lahan untuk olahraga dimana ya? paling banter di kompleks. dan buat nyaman kudu mengeluarkan kocek cukup besar untuk menjadi member Fitness center, aerobik, atau yoga. Juga terbatas pada waktu, mau tengah malem atau subuh2?? (Berangkat kerja pagi-pagi sekali dan pulang kantor hampir tengah malem)

    Usahakan untuk terus olahraga

  2. Makanan organik (makanan tanpa pestisida), lihat saat sayuran organik hanya dijual di supermarket dengan harga 2-3 kali lipat sayuran non-organik. Bayam, kangkung, brokoli, ayam kampung, telur kampung. Berani beli untuk konsumsi sehari-hari?

    serba sehat dan organik

  3. Memperbaiki gaya hidup dan makan. Mau makan sehat? kalo lagi jajan diluar jangan makan di fastfood, K*C, H*kben, Mc*, warung Indomie, bakso ato mie ayam. Cari restoran yang bener bersih dan sehat… mahal khaan!!
  4. Mempunyai asuransi kesehatan, beruntunglah kalo mempunyai asuransi dari kantor. Yang tidak, sepertinya harus buru-buru daftar deh
  5. Rutin melakukan general Check up… Mahiiil minta ampuun dan seringkali tidak bisa di klaim asuransi. Untuk ini menurut informasi harganya mulai sekitar 2 jt.

    jangan sakit kalo gak punya duit

Itulah hidup yang saat ini kita jalani, semuanya karena manusia sendiri, yang berusaha semakin canggih, tapi tidak bisa memperkirakan dampak jauuh kedepannya.

Anyhow.. whatever.. Jagalah kesehatan karena sesuai slogan lama, lebih baik mencegah daripada mengobati !!

Di keluargaku  sedang dikembangkan program penyehatan jugaa.. walopun kadang-kadang mie instannya masih masuuk… he he he

bayangkan kalo kita seperti jaman manusia gua.. gak bakalan ada kanker dan teman-temannya… Au..Auuuuuooooooo … (sambil loncat dari pohon ke pohon)

Au.. Auuooooooooooo

Serbuk Pucuk Bunga Kurma

3 bulan lalu, tiba-tiba Ibu mertua tanpa ba bi bu.. ngasih satu kotak kecil, sambil bilang “mba Sari, mau coba gak?” …

Sebagai penganut prinsip … “Seribu jalan menuju Roma” dan kulihat-lihat itu 100% murni asli tanpa bahan kimia … aku cuman bisa bilang ” BOLEH”.

Jadilah kami mencoba Ramuan “SERBUK PUCUK BUNGA KURMA” atau di sebutnya POWDER DATSE LOLLEN. .. (aku rasa kok namanya panjang amat ya). 1 botol kecil ini harganya Rp.55.000,- dan bisa dipakai 3 kali minum (suami istri)

Serbuk Pucuk Bunga Kurma (Power Datse Lollen)

Sesuai nama & bunganya.. well bisa ditebak kalo ramuan ini dari negara Saudi.

Gini nih cara pembuatannya :

Cara mengolah Serbuk Pucuk Bunga Kurma

Yang lucu begini, ramuan ini ada cara pakainya, yaitu diminum 3-4jam sebelum ‘berhubungan”, diminum oleh suami dan istri.

Naaahh.. terkadang yang namanya mood “ehem..ehem” itu kan dateng tiba2 dan sesuai suasana hati. (bener gak ?).. Nah kalo lagi pengen “ehem-ehem” jadi gini “Bentar2.. aku buat dulu ramuannya.. nanti tunggu 3-4 jam ya saaay” ha ha ha… waktu berlalu… cuman bisa nanya “Masih berapa lama lagi say?”.. ha ha ha. Pas udah waktunya.. udah ilaang mood !! ancuuur.. ha ha ha..

Belum lagi kalo pulang malem, capek… pengen “ehem-ehem”… harus nugguin waktunya ramuan bekerja, udah keburu tidur deeh.. tragisss.. 😦

Kalo masalah efeknya, jujur sesuai posting terakhir.. haid saya masih dengan sangat teratur datang. Dan sedihnya setiap minum 1 kali, jerawat gedhee jedhung dateng, 2 kali minum, 2 jerawat ..tuing..tuing.. muncul. Wuuuaaa. Tapi misua kayaknya kagak ada ngefek sama sekali deh..

Aku sudah habis 4 botol ini dan hasil sementara adalah mukaku penuh dengan bekas jerawat 😦

Tapi kemungkinan tiap orang punya efek yang beda2 kali ya..

Cara membuat Juice yang benar

Dari seluruh jenis makanan yang tersedia di dunia ini, sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan satu-satunya makanan yang dapat menimbulkan regenerasi pada sel tubuh kita. Dengan alasan ini sayuran dan buah dikonsumsi oleh para penderita penyakit berat misalnya kanker, agar semua sel yang mati akibat penyakit itu ataupun akibat pengobatan yang dilakukan, dapat dibangun kembali.

jus buah dan sayurEnzyme dan vitamin yang ada pada sayuran dan buah itu juga ternyata bersifat therapeutic, yang berarti ia memiliki sifat mengobati penyakit yang ada pada tubuh. Dengan alasan ini sering terjadi orang merasakan demam setelah meminum segelas juice. Ini terjadi karena berlangsung proses penyembuhan di dalam badan (healing process).

Dengan fungsi juice yang cukup besar ini, perlakuan terhadap juice, bahan, cara membuat, cara mengkonsumsi, dan lainnya perlu diketahui agar dapat berfungsi secara efektif dan optimum.

Hal terpenting dari perlakuan juice ini adalah bagaimana cara membuat dan cara meminumnya. Mungkin anda merasa heran mengapa hal ini menjadi pokok bahasan. Semua keluarga sudah terbiasa membuat juice (dengan juicer atau alat lainnya) dan minum juice, rasanya aneh kalau harus dipelajari. Pada kenyataannya itulah yang terjadi. Kedua hal ini dianggap begitu mudahnya namun ternyata SALAH sehingga lebih dari 90% juice yang dibuat dan diminum hanya memberi manfaat yang rendah kepada manusia.

Lalu apa yang perlu kita ketahui tentang juice?

BAHAN UNTUK MEMBUAT JUICE

Pada dasarnya semua buah-buahan dan sayuran dapat digunakan untuk membuat juice, selama tidak mengandung lemak (buah advocado) atau zat yang dapat menimbulkan iritasi dan alergi (nenas, strawberry dan jenis berry lain, namun kalau tidak alergi tetap dapat dikonsumsi). Bahan dipakai secara mentah, tidak dimasak. Gunakan bahan yang organik dan natural yang tidak terkontaminasi oleh bahan toxic atau pestisida. Terutama untuk orang yang sakit, usahakan jangan memberikan bahan makanan yang terkontaminasi oleh pestisida dan zat kimia berbahaya. Sebagai contoh, pasien kanker cenderung lebih sensitif terhadap pestisida dibandingkan dengan orang sehat atau yang berpenyakit lainnya.

Yang dimaksud natural adalah tanaman yang ditanam di tanah, bukan hidroponic, airophonic, atau teknik penanaman tanpa tanah lain. Tanaman yang dihasilkannya tidak mengandung bahan nutrisi dan mineral yang lengkap dibandingkan dengan yang ditanam di tanah. Dalam keadaan di mana bahan organik susah diperoleh, bahan yang non-organik tetap dapat digunakan dengan benar-benar mencuci bahan ini dengan baik dan selalu direndam selama 5 menit terlebih dahulu dengan air yang telah ditetesi dengan hidrogen peroxida (H2O2) (2 liter air dicampur dengan satu sendok teh H2O2 3%, dapat dibeli di apotik dan harganya murah). Ini gunanya agar pestisida yang ada di kulit makanan itu larut dan dibersihkan.

Bila anda melakukan juice therapy, gunakan saja tanaman lokal, di mana anda dapat langsung mengunjungi produsen/petani dan memastikan bahwa produk mereka benar-benar organik. Jangan terpaku dengan jenis buah impor. Buah lokal sama baiknya, bahkan relatif lebih segar. Anda dapat memanfaatkan semangka, melon, jambu air, jambu kelutuk, belimbing, mangga, terong belanda, jeruk manis, jeruk bali, jeruk nipis, sirsak, timun suri, timun, dan buah-buahan lain yang selalu ada tersedia di pasar.

Pisang dan pepaya dapat dimakan begitu saja, namun di-juice juga cukup enak. Untuk orange, lebih gampang diperah saja dengan piring peremas jeruk. Demikian juga dengan sayuran, anda dapat menggunakan wortel, kol hijau, kol merah, berbagai jenis selada, sawi, bayam, pok choi, kacang panjang, tauge, dan jenis sayuran lain yang rasanya cukup oke untuk dimakan (sayuran biasanya sedikit langu rasa dan baunya, sehingga kadang dicampur dengan buah agar rasanya lebih enak)

MENGAPA DIBUAT MENJADI JUICE, TIDAK LANGSUNG DIMAKAN?

Sebenarnya secara umum yang terbaik adalah memakan semuanya secara langsung. Juice hanya diperlukan untuk praktisnya saja. Coba bayangkan, untuk penderita kanker, terapi GT mengharuskan meminum 13 gelas (ukuran 200 ml) setiap hari. Ini sama dengan meminum kurang lebih 3 liter juice. Bila harus dimakan, juice ini setara dengan 9 Kg buah atau sayur setiap hari. Jelas tidak mungkin dapat dilakukan. Karena itu bahan tadi diperah juice-nya dan diminum untuk memudahkan.

Ada alasan lain mengapa membuat juice lebih baik daripada memakan langsung. Dalam kasus khusus, juice juga dibuat dengan meremas buah dengan tekanan tinggi dengan maksud agar enzym2 tambahan yang ada di dalam daging buah keluar dan dapat dimanfaatkan didalam tubuh. Biasanya buah dimasukkan kedalam juicer, sedangkan ampasnya kemudian dipress lagi untuk diambil juice tambahannya menggunakan alat press berkekuatan tinggi (1 ton press). Bila buah dimakan begitu saja, maka sejumlah enzyme dan kandungan buah/sayur tadi tidak dapat keluar begitu saja untuk masuk ke dalam darah dan akhirnya terbuang percuma. Padahal enzyme ini biasanya bersifat “therapeutic” dan sangat diperlukan oleh manusia. Kegunaan juicer adalah untuk mengeluarkan enzyme ini.

CARA MEMBUAT JUICE

Cara yang paling sederhana adalah meremas bahan tadi hingga keluar airnya. Untuk dapat mengeluarkan seluruh cairan tanaman ini mungkin diperlukan alat yang dapat menekan air dari tanaman hingga keluar. Tetapi ternyata mayoritas alat yang dikatakan sebagai juicer ternyata tidak bagus performance-nya. Juicer yang dijual di toko-toko itu pada umumnya juicer berotasi tinggi, di mana pisaunya berputar horizontal dengan kecepatan tinggi.

Juicer yang baik adalah alat pemeras dengan rotasi yang rendah. Biasanya alat ini merupakan satu atau dua tuas berputar yang memerah sayuran (single screw or twin screw slow rotation juicer). Alat ini memisahkan air dan ampasnya (pulp). Di dalam ampas masih ada air, nutrisi, dan enzyme yang masih dapat diolah di mesin perah. Beberapa juicer mengkombinasikan kedua alat ini. Alat press tidak selalu diperlukan, namun untuk penderita sakit hal ini dianjurkan karena hasil perahan terakhir ini mengandung sejumlah enzyme yang baik untuk penderita sakit.

Pada juicer berotasi tinggi yang menggunakan pisau centrifugal, enzyme pada cairan akan mati karena timbulnya electromagnetic pada dinding juicer dan pisau. Karenanya kualitas juice akan menurun. Vitaminnya masih tetap ada, namun enzyme jauh menurun. Hasilnya akan jauh berbeda, terutama untuk perawatan atau pengobatan tertentu. Juice yang “buruk” tidak akan memperlihatkan “reaksi penyembuhan” pada pemakainya.

Juice tidak boleh dicampur dengan air atau ditambah es. Bila ingin dingin, masukkan ke dalam kulkas. Juice juga tidak boleh dibiarkan bermalam sebelum diminum. Usahakan diminum paling lama 2 jam setelah dibuat, atau maksimum 4 jam bila dimasukkan ke dalam kulkas. Bila lebih lama dari waktu tadi, enzyme telah mati dan anda hanya mengkonsumsi juice buah yang memiliki vitamin saja. Khasiatnya kurang dari 50% dari yang seharusnya.

minum jusCARA MEMINUM JUICE

Juice tidak boleh diminum begitu saja, ditelan dengan segera, dan masuk ke perut. Perut kita tidak memiliki kemampuan cepat untuk menarik unsur yang ada di dalam juice. Perut memerlukan enzyme yang banyak agar proses pengolahannya berjalan sempurna dan cepat. Bila tidak maka juice akan terus saja lewat ke dalam usus besar beserta semua nutrisi yang masih tertinggal didalamnya. Jadinya mubazir dan untuk itu perlu tahu cara baik untuk meminum juice.

Juice diminum dengan cara lambat dan teratur. Masukkan seteguk kedalam mulut, biarkan berdiam di dalam mulut selama 5-15 detik agar enzyme yang ada pada air liur bercampur dengan juice, baru ditelan. Dengan demikian untuk meminum segelas juice, perlu paling tidak 2-3 menit. Inilah cara yang baik. Ini hampir sama dengan orang yang meminum anggur (wine). Juice juga sebaiknya diminum sebelum makanan utama, bukan sebaliknya. Katakanlah setengah jam atau sejam sebelum makan siang atau malam, anda dapat meminum juice, bukan setelahnya. Hal ini perlu agar pada saat anda minum juice, enzyme di mulut dan perut masih banyak tersedia, sehingga juice dapat diproses dengan baik, tidak tercampur dengan makanan lainnya.

BAGAIMANA DENGAN JUICE YANG TERSEDIA DI PASAR?

Juice yang sudah di dalam kemasan botol, kotak, atau apapun bentuk kemasannya, jangan diminum. Pertama-tama biasanya ada pengawet, dan kedua (yang terpenting) adalah karena juice ini tidak mengandung enzyme lagi. Kalau juice yang baru dibuat, lihat dahulu alat juicernya. Bila memakai juicer dengan rotasi cepat (seperti gelas besar itu), jangan diminum. Beli saja buahnya dan makan seperti rujak.

JADWAL UNTUK MINUM JUICE

Pada dasarnya tidak ada jadwal untuk minum juice. Anda bisa minum juice kapan saja dan sebanyak yang anda suka. Hanya saja usahakan waktunya sebelum mengkonsumsi makanan berat. Untuk yang terbiasa hanya minum satu-dua gelas sehari, lebih baik diminum sebelum makan sehingga penyerapan enzyme-nya efektif. Khusus untuk yang melakukan coffee enema, dianjurkan meminum 1-2 gelas juice segera setelah enema, karena dihawatirkan ada electrolit di darah yang terbuang selama enema dan perlu diganti oleh juice. Bagi penderita kanker dengan pengobatan GT, untuk ”protokol penuh” penderita perlu minum 13 gelas setiap hari, berarti rata-rata segelas setiap jamnya. Untuk yang melakukan protokol tidak penuh jumlahnya dapat disesuaikan, tentunya lebih rendah. Khusus untuk pengobatan Gerson Therapy, jumlah buah-buahan dan sayuran (organik) yang dibutuhkan sangat banyak, dan butuh tenaga extra hanya untuk membuat juice-nya. Cukup menguras tenaga. Semoga dapat dilakukan dengan baik. (Omri Samosir/rumahkanker.com)

Heeeeboooooooooh Juicer

Gara-gara ngikut heboh terapi jeng Femmy, sekarang aku jadi heboh buat ngejuss :p

Nah gara-gara bahannya itu kudu pake wortel (bahan utama), dan wortel itu kalo dblender.. lebih mirip bubur daripada juice. Jadi kita harus nyaring dulu, Nah karena ampasnya itu udah lembut banget, jadi nyaringnya juga susaaaah…

Langsung deh.. demi njaga kelangsungan terapi Juice, mau gak mau aku mesti beli Juicer 😦
Dan untungnya suami mendukung, gara2 gak mau liat istrinya susah (ihh manja banget ya kayaknya.. he he he)

Stelah nguping rumah orang,tanya om,tante, budhe, oma, nenek,eyang then broadcast status FB de el el… akhirnya menurut survey.. Juicer yang kualitasnya bagus (awet dan hasil ampasnya lumayan sudah kering) adalah merek PHILIPS !!

Nah untuk kebutuhan rumah tangga ( rumah tangga sekecil aku ..xixixi), cuman ada 2 pilihan model, yaitu Philips HR1810 atau HR1821

Juicer_Philips_HR1810 capacity 0,75Ltr

Juicer_Philips_HR1810 capacity 0,75Ltr

Juicer_Philips_HR1821

Juicer_Philips_HR1821 0.4Ltr

Kalo dilihat spec-nya aku tertarik ama HR1810 (yang lebih murah… he he he)

Nah mulailah hunting Juicer Philips, di toko, supermarket, online shop. Dan inilaaah hasilnya :
1. Toko elektronik deket rumah , Philips HR1810 Rp.505.000,-
2. Giant Supermarket , Philips HR1810 Rp.550.000,-
3. Careffour Supermarket, Philips HR1810 Rp. 527.900,-
4. Online Shop, Flamboyan shop , Philips HR1810 Rp. 447.600,-
5. Online Shop, JualElektronik , Philips HR1810 Rp. 409.000,-

Nah ketauann khan mana yang kupilih ?? Ya pasti ini laaah … Tapi sssttt masih indent and dicariin barangnya… yipppyyy….

Akhirnya …. menunggu confirmnya si mas onlie shop dulu aaaahhhh

Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif
ini info tempat pengobatan yang di Bogor, didapat dari info teman. Menurut cerita ini biasa mengobati orang yang terkena virus Tokso.

Bogor: Biasanya dipanggil Pak Haji
Kompl.Perumahan Indraprasta Jl. Sutiragen IX no.6 Bogor
Telp:0251- 341094
Jadwal Konsultasi Sbtu/Minggu kedua.
.

Kalau ada teman2 yang tau lebih detail bisa kasih comment ya..

NB : aku belum pernah coba, tapi info dari seorang teman yang sudah pernah kesana, bisa mengobati Tokso cukup cepat (walaupun nilai TORCHnya tinggi sekali). Dan katanya dengan pengobatan Herbal

PS : thanks Elisa for your share ..