Rumah itu Jodoh

Dear readers,

Lama banget aku udah gak nulis, salah satu sebabnya karena sibuk di dunia offline, jadi lupa dunia yang satu ini.. so sorry

Banyak hal yang kami sudah rubah, kami sudah mulai pindah ke BSD (Serpong) Senin-Jumat … ceritanya panjang. Dan masih menempati rumah di Jatiasih Sabtu-Minggu… keliatannya pusing kan? well.. it’s better for us, and we enjoy it. Dan pada akhirnya kami harus mencari rumah kedua.

6 bulan terakhir ini kami mencari rumah di BSD, yang mana terpaksa kami lakukan karena pertimbangan menghemat tenaga dan waktu. (Saat ini kami nebeng di rumah tante… gratisss.. hehehe)

Ternyata mencari rumah itu bener2 jodoh, gak bisa hanya perhitungan matematis. Feeling harus bener2 dipakai.

Kami sampai sudah tahap booking fee tapi ternyata gagal, hanguslaah sudah. Sebenarnya yang kami cari gak muluk2 kok. cukup cari rumah yang lingkungan nyaman, tanah >100m-120m dan murah.. Yup .. kata terakhir itu yang mempersulit pencarian kami. Kondisi BSD saat ini GILA.. dan benar2 GILA soal harga.

Dengan Budget <=600 jt, hanya tersedia rumah dengan tanah <80m2, dan bangunan mini pidi vini…. itu untuk area BSD!! Banyakan pas feeling sudah ok, harga not ok. Pas harga ok then feeling NOK.

Sebenarnya ini kali kedua kami cari rumah, it’s far2 away diferrent dari our first home… my first home is beres dalam waktu 2 bulan(dr pencarian), dan hati senang, Andaikan rumahku bisa di angkut pindah (bisakaaahh??)

Dan saat ini kami sudah mendapatkan rumah yang sesuai kriteria kami, tapi sedikit ngesot dari BSD… Honestly di hati gak terlalu sreg, kami lebih memikirkan nilai investasi yang menjanjikan dan kedepannya akan baguss… Tapi kami berusaha membuat feeling like home. Akan kami tulis di edis terpisah…

Anyway dalam mencari rumah ada bbrp pertimbangan penting (urutan prioritasnya tergantung kepentingan user)

  1. Range budget (Harga)
  2. Lokasi ( dekat keluarga/dekat kantor), atau dekat fasilitas umum. Terkadang dekat dengan saudara/ortu itu jd pertimbangan yg penting. Lihat mobilitas terbanyak.
  3. Feeling ( jangan sepele-kan, ini faktor penting)
  4. Luas tanah, sesuai kebutuhan, Jumlah kamar. Lebih baik jika membeli rumah langsung besar dari developer. Karena biaya renovasi sangat tinggi, lebih murah per-m2 kalau beli dari developer karena pihak kontraktor memberikan harga dalam jumlah grosir
  5. Pilihan security, system cluster atau tidak
  6. Apakah dekat dengan pasar/tukang sayur…Tiap hari masak khan? diusahakan selalu segar menjadikan ini pertimbangan penting
  7. Lihat fasilitas sekolah anak terdekat dan kualitas sekolahnya (bagi keluarga muda)
  8. Transportasi, jika tidak ada kendaraan pribadi untuk masing2 anggota keluarga ituu pentinggg
  9. Jika rumah baru, lihat track record developer, jangan sampai krn murah jd tutup mata, banyak kejadian gagal bangun, dll.
  10. Jika rumah second, perhitungan pembagian biaya notaris, pajak dll. Perlu dilihat apakah perlu renovasi. FYA biaya renov tinggi sekalee buuk. Oia status rumah dan bangunan juga perlu di perhatikan, apakah pemilih rumah tsb suami istri atau tidak, cerai tidak, krn dibutuhkan ttd 2 orang (suami-istri) untuk AJB. Juga harus super hati2 dengan tanah waris.

Demikian tip2 dari kami, semoga membantu yang ingin punya rumah

Advertisements