Cacar Air pada Usia Dewasa

3 minggu gak update

Gara-gara aku kena cacar air 😦

Sadly memang.. kena yang parah pulak.. 2 minggu tergolek .. minggu ke-3 baru pengeringan… Jadi kayak nyai Grandong !! Suerr!!

Apesnya dapet di wajah full tak tersisa sesentipun. Namun sampai sekarang bekasnya masih tahap pemulihan.

Nah memang seumur hidupku aku belum pernah kena cacar, yah akhirnya kena juga deh. Dan ternyata cacar air pada orang dewasa lebih membahayakan daripada terserang pada anak kecil. Inilah sebabnya banyak orang berpendapat lebih baik terserang saat kecil. Karena ini bisa menyerang organ dalam, tidak sekedar bekas di kulit saja

Gejala :

  • Panas tinggi sekitar 3 hari (39’C)
  • Badan pegal2 tanpa disertai batuk dan pilek
  • pada hari ke-2/ke-3 muncul bintik kecil berisi air.. lama kelamaan bintik kecil ini akan membesar dan mengering dengan sendiri-nya. **jangan dipecah!!
  • Tenggorokan susah menelan, sangat susah karena ada cacar yan timbul di bibir, mulut dan tenggorokan. Jadi siap2lah makan blender dan bubur 🙂

Pengobatan (resmi):

  • datang ke dokter .. disarankan dokter spesialis kulit agar pengobatan lebih maksimal
  • Akan diberi obat antibitiok dan antivirus yang diminum 5x/hari
  • Minum Vitamin Imboost … **rada mahal tapi sangat membantu pemulihan
  • Mandi dengan PK atau detol antiseptik. Namun berhati-hatilah saat membasuh badan, jangan sampai ada yang pecah.. menurut saya lebih baik jarang mandi agar probabilitas pecah sedikit **bintik air ini sangat2 mudah pecah
  • Minum air putih banyak dan makanan bergizi. Karena ini virus, jadi harus sekuat tenaga melawannya
  • Hindari udara luar dan angin, karena saat tsb badan dalam kondisi terlemah sehingga mudah terserang virus yang terbawa oleh angin/udara.

Pengobatan (Tradisional)

  • Saat mulai muncuk bintik langsung minum kelapa Ijo, agar cepat muncul bintiknya.
  • Agar tidak berbekas, setiap hari pakai parutan jagung muda.
  • Agar cepat kering dan berbekas ada juga yang memakai arak cina tiap 2jam sekali di bintik2 cacar-nya. Dijamin cepat kering dan tidak berbekas
  • Agar cepat kering bisa juga memakai salep propolis… ini info dr teman namun saya tdk sempat memakai krn sudah sembuh

Peringatan :

  • Jangan menggaruk atau mengutak atik bintik cacar air, karena akan bernanah dan berbekas.. tidak hanya warna namun bisa timbul lubang atau keloid (daging tumbuh)
  • Jangan cepat tersinggung, karena sebagai penderita cacar air akan dihindari oleh banyak orang ^^
  • Hindari Ibu hamil, karena virus cacar air bisa menular ke janin (walopun ibunya sudah pernah kena cacar air) yang mana mempengaruhi saraf calon bayi tsb. bahayaaa khaan.
  • Penularan cacar air adalah saat badan penderita dalam kondisi demam tinggi. Jika sudah proses pengeringan itu tidak menular… **ini ditanyakan ke 2 dokter spesialis.. Penyakit dalam dan dokter Kulit

jadi waspadalah dan siapkan dengan informasi sebanyak mungkin agar cepat pulih dan sembuh 🙂

Advertisements

10 thoughts on “Cacar Air pada Usia Dewasa

  1. Saya juga saat ini lagi kena cacar air. 😦 awalnya yang kena adalah anak saya, jelang seminggu kemudian saya deh yang kena, cuman ternyata lebih parah…

    • Terimq kasih mbak infonya saya skrg lagi kena cacar baru 3 hari waduh capek dan pada sakit2 badan ya mbak. Oh ya mbak kalau pakai jagung muda itu dipakai setelah meletus cacarnya atau ngak. Trima kasih

  2. sama mba, aku jg kena cacar usia dewasa jg, kena taon 2011 pas lg jln2 holiday lg (gara2 ada temen ktr yg kena cacar dan dia mulai masuk ktr pas udah kering sih). aku cuman minum acyclovir 5Xsehari dan pake salep kayaknya acyclovir jg , sptnya sama dimana2 memang seperti itu pengobatannya. Cuman msh untung aku gak terlalu parah, stay di hotel 2 hari hbs tuh bisa ngacir ( mau gak mau musti balik ke jkt). Setelah itu baru deh ke dr kulit yg di jkt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s