Konsultasi BIC IV

18 July 2011

Kami pikir karena ini office day, antrean gak bakal lamaaa. ternyata… dari jadwal jam 11:15 tapi baru masuk 14:00 !!

Akhirnya gak masuk kantor deeeh **jd mikir buat ngajuin cuti buat minggu depan !!

Masuk ruang periksa, setelah basa-basi pertanyaan biasa, dokter Indra periksa USG aku, dan Puji Tuhan semua normal (tdk terlihat endometrosis), ada sel telur di kanan dan kiri, masih kecil ukurannya.

Semua ok, langsung deh dokter acc buat inseminasi buatan (IB). Ternyata inseminasi buatan ada bbrp cara. Semua memang konsepnya memasukan sperma suami dengan bantuan alat dan dokter. Tapi ada bbrp teknik ttg penempatan sperma di istri :

Jenis-jenis Inseminasi

  1. Di Saluran Vagina (intracervical insemination/IVI), ini sudah tidak pernah dipakai karena hubungan suami istri pun sudah sampai tahap ini
  2. Di Saluran Urine, intrauterine insemination/Rahim), ini disebut IUI, biasanya ini yang banyak dipakai dan populer.
  3. Di Saluran Tuba Falopi(Intratubal Insemination/ITI), ini jarang dilakukan karena tingkat kesulitan yang tinggi, bahkan bisa dilakukan melalui laparoskopi, dan dengan tingkat kemungkinan infeksi yang tinggi.

nah setelah diputuskan untuk program inseminasi buatan IUI, yang harus dilakukan adalah

  1. Istri : diberi obat penyubur agar sel telur banyak yang matang (**normalnya hanya 1 sel telur yang matang/bulan). jadi  5 hari kedepan (18-22July)  minum obat Geneclom 50 mg, 2 butir tiap sekali minum.1 kali sehari. Kemudian 3 hari kemudian tanggal 23,24 dan 25 July dilakukan suntik Puregon 50 IU(1x sehari, jam 20 – 21 WIB) **kalo bisa suntik sendiri. **suntiknya mahiiil 😀
  2. Suami : diberi vitamin Prolibi, yang meningkatkan kecepatan gerak sperma.  Diminum tgl 23 sampai hari inseminasi 2 hari 1x.

Nah nanti tgl 26 July 2011, akan dilakukan USG lagi untuk memantau perkembangan sel telur. Dan jika semua lancar pada tanggal 27/28 July akan dilakukan IUI.

Doaakan kamii yaaa!!

Advertisements

7 thoughts on “Konsultasi BIC IV

  1. mb’sari, mau edit postingan yaa…

    Beberapa cara inseminasi,

    IVI = Intra Vaginal Insemination artina inseminasi di vagina.
    ICI = Intra Cervical Insemination artina inseminasi di leher rahim.
    IUI = Intra Uterine Insemination artina inseminasi di dalam rahim.
    ITI = Intra Tubal Insemination artina inseminasi di saluran telur.

    Gpp yaa….hehe…. Sukses yaa… Btw, harga suntikna jutaan ya? diganti kantor ga?

    Gbu

    • hemmm…

      Jujur IYA… jarumnya keciiil banget, jd gak terlalu sakit pas nusuk. Tapi cairan puregonnya sedikit kental, jadi pas input cairannya sedikit nyeri.. tapi cuman sebentar kok palingan 15 menit kok… don’t worry…yang penting berhasil deh

      AYo semangat…
      sudah sampai mana niih?

  2. Dear Bu Sari,

    Apakah setelah proses insem, terjadi pendarahan itu normal? Kalo tidak, apa yg menyebabkan itu bisa berdarah ya? Seperti mens, tapi masih bisa ditampung dengan pantyliners. Saya ga tau kalo insem itu ada bbrp macam dan saya tidak tahu punya saya tergolong yang mana.
    Mohon petunjuk ya. Many thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s