BIC-inseminasi

28 July 2011

Proses utama inseminasi

Sakitkah?

Hemm… Kata sakit gak mewakili siih, mungkin hanya sedikit rasa sakit dan banyak perasaan tidak nyaman!! Mungkin bg yang pernah di pap smear… Begitulah rasanya..

Bagaimana procedurenya?
Inseminasi dengan Dr.indra dilakukan 2 kali berturut turut selama 2hari
Pertama suami datang pada pagi hari (klinik morula buka jam 8:30 AM) untuk ‘menyetor’ sperma. Kemudian diserahkan pada suster untuk di ‘cuci’ ( memilih hanya yang berkualitas), proses ini memakan waktu 2jam.
Setelah sperma siap, proses inseminasi siap dilakukan. Proses pemasukan sperma ke dalam rahim(IUI) memakan waktu kira2 15′-30′ menit. Dalam proses ini diharapkan relaxs, agar selang penginput bisa masuk kedalam.
Setelah itu istri harus tetap di posisi semula(jgn berdiri) selama 2jam. Naaah setelah itu baru boleh pulang.

Apa yg perlu dipersiapkan agar lancar dlm prosesny?
-stamina tubuh, makan2an bergizi, juice wortel jeng femmy aku rutinin ( juice wortel+tomat+apel )
– ingat, pada hari insem jgn minum air terlalu banyak, agar tidak terlalu sering kencing.
-rutin olahraga
– persiapan waktu, lebih baik mempersiapkan cuti untuk istri agar bs bedrest minimal 2 hari.untuk suami jg sediakan waktu untuk istirahat agar sperma berkualitas
– persiapan hati/spirit. Ini adalah usaha manusia, dan hasilnya melalui campur tangan Tuhan. Jadi persiapkan mental jika hasil inseminasi belum berhasil. ** memang susah siih

20110801-160657.jpg

20110801-165948.jpg

Advertisements

Konsultasi BIC V

26 July 2011

Sebelum periksa.. mejeng dulu

Pemeriksaan ukuran sel telur

Setelah di suntik puregon 3x, akhirnya dilihatlah hasil kami. Pemeriksaan di fokuskan pada mencari sel telur beserta ukurannya.

Ternyata pada Indung telur kiri, tidak ditemukan sel telur yang cukup besar. Semua candidate sel telur hanya ada di indung telur kanan, namun sayang seribu sayang sel telurnya belum ada yang memenuhi ukuran minimal, yaitu 18 mm. Paling besar hanya 17mm.

Akhirnya diputuskan inseminasi ditunda 1 hari 😦 **sediih gara2 udah terlanjur ngajuin cuti.

Hari ini diberikan lagi resep suntik puregon 1x pada malam hari nanti. Dan suntik Ovidril 1x pada malam selanjutnya (H-1 Inseminasi). Ovidril ini berfungsi untuk memecahkan sel telur yang sudah matang. Yahh berusaha tegar laah.. **sakit boo disuntik mulu

 

Obat suntikku

Jadi inseminasinya mundur 1 hari, 28 dan 29 July 2011

Konsultasi BIC IV

18 July 2011

Kami pikir karena ini office day, antrean gak bakal lamaaa. ternyata… dari jadwal jam 11:15 tapi baru masuk 14:00 !!

Akhirnya gak masuk kantor deeeh **jd mikir buat ngajuin cuti buat minggu depan !!

Masuk ruang periksa, setelah basa-basi pertanyaan biasa, dokter Indra periksa USG aku, dan Puji Tuhan semua normal (tdk terlihat endometrosis), ada sel telur di kanan dan kiri, masih kecil ukurannya.

Semua ok, langsung deh dokter acc buat inseminasi buatan (IB). Ternyata inseminasi buatan ada bbrp cara. Semua memang konsepnya memasukan sperma suami dengan bantuan alat dan dokter. Tapi ada bbrp teknik ttg penempatan sperma di istri :

Jenis-jenis Inseminasi

  1. Di Saluran Vagina (intracervical insemination/IVI), ini sudah tidak pernah dipakai karena hubungan suami istri pun sudah sampai tahap ini
  2. Di Saluran Urine, intrauterine insemination/Rahim), ini disebut IUI, biasanya ini yang banyak dipakai dan populer.
  3. Di Saluran Tuba Falopi(Intratubal Insemination/ITI), ini jarang dilakukan karena tingkat kesulitan yang tinggi, bahkan bisa dilakukan melalui laparoskopi, dan dengan tingkat kemungkinan infeksi yang tinggi.

nah setelah diputuskan untuk program inseminasi buatan IUI, yang harus dilakukan adalah

  1. Istri : diberi obat penyubur agar sel telur banyak yang matang (**normalnya hanya 1 sel telur yang matang/bulan). jadi  5 hari kedepan (18-22July)  minum obat Geneclom 50 mg, 2 butir tiap sekali minum.1 kali sehari. Kemudian 3 hari kemudian tanggal 23,24 dan 25 July dilakukan suntik Puregon 50 IU(1x sehari, jam 20 – 21 WIB) **kalo bisa suntik sendiri. **suntiknya mahiiil 😀
  2. Suami : diberi vitamin Prolibi, yang meningkatkan kecepatan gerak sperma.  Diminum tgl 23 sampai hari inseminasi 2 hari 1x.

Nah nanti tgl 26 July 2011, akan dilakukan USG lagi untuk memantau perkembangan sel telur. Dan jika semua lancar pada tanggal 27/28 July akan dilakukan IUI.

Doaakan kamii yaaa!!

Istrimu atau makananmu ?

Sore ini, sambil masak…
My hubby dengan muka bahagia makan jajan dengan nikmatnya . ..
Me : wah.. Yang udah makan… Lupa sama istina yaa **balada istri yg butuh perhatian
Misua : nggaaakk kok **dengan muka bersalah
Me : hayoo… Pilih istina atw makanannya ??
Misua : ….….……………………………….
Me : hayooooo
Misua : yah pilih kamuuu dooong
Me : ** senyum sumringah
Misua : kalo gak ada kamu khan jadinya gak ada makanan !!
Me : whaaattt ?? ** lgsg cemberut lg

Yoghurt Cisangkuy

Sedepnya jalan2 .. Mampir di yoghurt cisangkuy
Rasa yoghurtnya manis kecut sueegeeeer

20110717-104931.jpg

Harga yoghurt berkisar 10 rb – 22rb, masih masuk dikantong laah. Rasamya jg gak boong. Makanan lainnya enak. Tempatnya jg enak!!

Deket rumaah ada, di kota wisata 🙂 sekitar 800m dr gerbang depan kota wisata.

20110717-105625.jpg

20110717-105643.jpg

Good place !!

Dilemaa

Baruuuu kali ini… pengen cepet2 dapet haid

Sepanjang ini, kalau dapet haid ada rasa sedikit sediih 😦 u know laah..

Tapiii… kali ini aku nunggu2 waktu haid..

kenapa ??

Karenaaaa … kami mau ikut program inseminasi IUI, dimana mulai program saat haid H+3, dilakukan program penyuburan kami, kemudian H+14 s/d H+16 saat sel telur matang dan mencapai ukuran optimal, akan dilakukan inseminasi (memasukan sel sperma ke saluran telur).

Nahh… trus masalahnya apaaa??

Tanggal 1 – 14 Agustus my hubby dinas luar kota.. jauuuhh… padahal masa subur selanjutnya adalah tgl 31 July – 2 Agustus. jadi kalau sampai hari ini belum dapet haid, bakalan gagal ikut program deeeh :(( **seharusnya hari ini dapet**

** masih sambil bolak-balik cek ke kamar mandi… kalo udah dapet langsung telpon ke klinik buat daftaar!!

Pray for me yaaa

PS : tgl 16 (besoknya) akhirnya keluar jg… On time. Langsung telp dokter bikin janji.

Konsultasi BIC III

Hari ini aku kbali ke dokter..
Maaf dr.irham…. Aku ganti dokter skrg aku ke dokter indra…
Bukan krn pelayanan anda, tp memang dr awal kami mencari dr.indra yg lebih berpengalaman dan sepuh.
Apalagi beliau orang yg pernah membuat teman kami berhasil dan anaknya sgt cerdas&berhati baeek.

Karena beliau sudah pengalaman tinggi, gak heram kalo kita nunggu giliran sampe 3jam !!
Dokter indra td bilang, berhubungan kudu setiap hari. Gak boleh absen… Xixixi… Hajar bleeh 🙂
Dan kami memutuskan ikut program inseminasi buatan next siklus. Jd aturannya pada saat mens H+3 dateng untuk menjalani program kesuburan. Pada masa subur saat sel telur sdh luar biasa subur, sperma yg terpilih di masukan ke saluran telur.
Ayoooo…. Tunggu update 1 minggu lg ya.

Dan berhasil spt ini

20110709-110006.jpg