Tips Persiapan Liburan

Temans,

Seringkali kalau kita sudah bekerja terlalu keras, sehingga saat2 liburan itu saat yang sangat ditunggu, dan so pasti gak bakalan mau gagal menikamati liburan , gara-gara kurang persiapan khan? Kalau liburan masih di negara sendiri mungkin masih bisa “mandiri”..

Tapi kalo mau berlibur ke Luar Negeri??

Nah, sebelum kita berlibur ke luarnegeri ada bbrp tips bisa kuberikan :

  1. Siapkan passport (perhatikan waktu habisnya) dan carilah visa (bila tidak memakai jasa biro wisata). Untuk negara ASEAN, tidak membutuhkan visa,cukup dengan menunjukan passport. Untuk negara2 diluar ASEAN, ada yang berupa VISA on Arrival (dibuat VISA saat di imigrasi dinegara sana) dan VISA biasa (dibuat di kedutaan negara tsb di Jakarta)
  2. Carilah informasi selengkapnya mengenai daerah/negara yang dituju.
    • Kondisi politik (weell.. jangan sampai kita tiba disana saat politik sedang panas !!)
    • Weather / Cuaca.. ini sangat penting karena menentukan barang/pakaian yang akan kita bawa. Jangan sampai pergi ke daerah dingin, membawa tank top dan hotpants khaan.. selain saltum.. juga bikin kesehatan down. Kalo mau lihat perkiraan cuaca bisa dilihat disini ( http://www.weather.com)
    • Budaya, walaupun kesana untuk melihat hal yang baru, tapi lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu budaya2 khusus, yang kita ingin datangi. Pakailah Youtube biar lebih jelas :p
    • ndfwnb
  3. Jika menggunakan jasa tour, bisa meminta detail tempat yang akan dikunjungi, dan persiapan yang dibutuhkan
  4. Jika kamu berencana berbelanja, carilah informasi yang benar. Jangan sampai tempat wisata yang mau dituju memang bukan untuk berbelanja. Pssstt.. banyak kejadian sebenarnya barang2 yang kita bawa ada di mangdu (mangga Dua).. harganya jauh lebih murah lagii). Karena budaya kita seringkali harus membawa oleh2, maka cukup informasi oleh2 khas tempat itu dan tempat mendapatkan oleh2 yang orisinil (dan murah tentunya) tsb.
  5. Siapkan obat2nya, yang harus dibawa.. obat diare (yupp.. seringkali yang jadi masalah adalah makanan!!),, obat pusing, obat flu, dan obat2 pribadi yang sering digunakan.
  6. Persiapkan stamina dan bawalah vitamin2 yang dibutuhkan, jangan sampai jatuh sakit saat lliburan
  7. Untuk berkomunikasi lancar, persiapan kartu seluler yang mempunyai fasilitas “International Roaming”. Setiap operator biasanya sudah memiliki kerjasama dengan bbrp negara (misalkan : singapore, malaysia, dll)  sehingga tidak membutuhkan prosedur yang sulit. (biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mempersiapkan), hampir semua layanan selulur membutuhkan “uang jaminan” jika kita menginginkan layanan ini ON. Bisa langsung mengunjungi gerai/gallery operatormu untuk informasi lebih lengkap. Untuk kartu prabayar, biasanya bisa juga mengaktifkan layanan International Roaming, asalkan minimal saldo pulsa ada Rp.100.000,-. Namun hampir di semua operator kartu pascabayarlebih luas jangkauan negaranya. Perlu diingat bahwa menerima telepon diluar negeri jauuh lebih mahal dibandingkan melakukan panggilan keluar. Lebih baik saranku, gunakan nomer pribadimu untuk  sms saja (terima sms gratis, tapi mengirim sekitar Rp.2000 – 4500, tergantung policy setiap negara). Dan belilah kartu telepon (calling card) yang menggunakan teknologi VOIP lebih murah  untuk bertelepon (biasanya ada di warung2).
  8. Siapkan staminamu.. then lets goo

Ayooo Berangkat (sambil packing buat liburan… ) .. very..very.. BIG SmiLe ..

For a while .. Selamat tinggal Indonesia…

-…. Wait for me.. Turkey… 😉

Advertisements

One thought on “Tips Persiapan Liburan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s