Kami sudah kembali

Hiii… aku sudah kembali 🙂

Rasanya ??

Hebaat.. suegeer… refresh… Luar Biasa  (Big Smile on it)

Turki memang luar biasa hebat dan bagus… Saking bagusnya.. aku bakalan bikin postingan khusus buat cerita tentang Turki dan poto-potonya .. ha ha ha

Efesus_Coppadocia

CottonCastle_Copadocia

Hari ini masih jetlag (ooo.. baru tau rasanya jetlag..xixixi).. rada puyeng dan ngantuk-ngantuk.. tapi tetep langsung masuk kantor 😀

Eiiitttsss.. sebelum situ-situ nebak kalo aku banyak duit dan sampe jalan-jalan ke Turki.. you’ve mistake !!… I get this tour  reward from my husband office.. Jadi ada system reward jika “achieve” sales di nilai tertentu 🙂 … thanks my hubby.. terbayar sudah pulang malem kita dan kerja kerasmu..

Tips Persiapan Liburan

Temans,

Seringkali kalau kita sudah bekerja terlalu keras, sehingga saat2 liburan itu saat yang sangat ditunggu, dan so pasti gak bakalan mau gagal menikamati liburan , gara-gara kurang persiapan khan? Kalau liburan masih di negara sendiri mungkin masih bisa “mandiri”..

Tapi kalo mau berlibur ke Luar Negeri??

Nah, sebelum kita berlibur ke luarnegeri ada bbrp tips bisa kuberikan :

  1. Siapkan passport (perhatikan waktu habisnya) dan carilah visa (bila tidak memakai jasa biro wisata). Untuk negara ASEAN, tidak membutuhkan visa,cukup dengan menunjukan passport. Untuk negara2 diluar ASEAN, ada yang berupa VISA on Arrival (dibuat VISA saat di imigrasi dinegara sana) dan VISA biasa (dibuat di kedutaan negara tsb di Jakarta)
  2. Carilah informasi selengkapnya mengenai daerah/negara yang dituju.
    • Kondisi politik (weell.. jangan sampai kita tiba disana saat politik sedang panas !!)
    • Weather / Cuaca.. ini sangat penting karena menentukan barang/pakaian yang akan kita bawa. Jangan sampai pergi ke daerah dingin, membawa tank top dan hotpants khaan.. selain saltum.. juga bikin kesehatan down. Kalo mau lihat perkiraan cuaca bisa dilihat disini ( http://www.weather.com)
    • Budaya, walaupun kesana untuk melihat hal yang baru, tapi lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu budaya2 khusus, yang kita ingin datangi. Pakailah Youtube biar lebih jelas :p
    • ndfwnb
  3. Jika menggunakan jasa tour, bisa meminta detail tempat yang akan dikunjungi, dan persiapan yang dibutuhkan
  4. Jika kamu berencana berbelanja, carilah informasi yang benar. Jangan sampai tempat wisata yang mau dituju memang bukan untuk berbelanja. Pssstt.. banyak kejadian sebenarnya barang2 yang kita bawa ada di mangdu (mangga Dua).. harganya jauh lebih murah lagii). Karena budaya kita seringkali harus membawa oleh2, maka cukup informasi oleh2 khas tempat itu dan tempat mendapatkan oleh2 yang orisinil (dan murah tentunya) tsb.
  5. Siapkan obat2nya, yang harus dibawa.. obat diare (yupp.. seringkali yang jadi masalah adalah makanan!!),, obat pusing, obat flu, dan obat2 pribadi yang sering digunakan.
  6. Persiapkan stamina dan bawalah vitamin2 yang dibutuhkan, jangan sampai jatuh sakit saat lliburan
  7. Untuk berkomunikasi lancar, persiapan kartu seluler yang mempunyai fasilitas “International Roaming”. Setiap operator biasanya sudah memiliki kerjasama dengan bbrp negara (misalkan : singapore, malaysia, dll)  sehingga tidak membutuhkan prosedur yang sulit. (biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mempersiapkan), hampir semua layanan selulur membutuhkan “uang jaminan” jika kita menginginkan layanan ini ON. Bisa langsung mengunjungi gerai/gallery operatormu untuk informasi lebih lengkap. Untuk kartu prabayar, biasanya bisa juga mengaktifkan layanan International Roaming, asalkan minimal saldo pulsa ada Rp.100.000,-. Namun hampir di semua operator kartu pascabayarlebih luas jangkauan negaranya. Perlu diingat bahwa menerima telepon diluar negeri jauuh lebih mahal dibandingkan melakukan panggilan keluar. Lebih baik saranku, gunakan nomer pribadimu untuk  sms saja (terima sms gratis, tapi mengirim sekitar Rp.2000 – 4500, tergantung policy setiap negara). Dan belilah kartu telepon (calling card) yang menggunakan teknologi VOIP lebih murah  untuk bertelepon (biasanya ada di warung2).
  8. Siapkan staminamu.. then lets goo

Ayooo Berangkat (sambil packing buat liburan… ) .. very..very.. BIG SmiLe ..

For a while .. Selamat tinggal Indonesia…

-…. Wait for me.. Turkey… 😉

Palembang

Saya sudah kembali dari Palembang (Tapi ceritanya telat.. sambil mringis)

Palembang dari atas pesawat

Baru kali ini pergi ke luar kota tanpa sempat wisata kuliner daerah… seperti orang berpuasa ditengah pesta… sebeeellll

Gilaa… kerja luar kota baru kali ini gak enak dan capek luar biasa..

pulang kerja malem melulu biar cepet kelar.. dan ternyata kantor assign 3 days, nyatanya tuh kerjaan minimal 8hari selesai..bayangiin how aku padatnya ini…, dan maksain biar bisa jalan, aku jalan ama temen kantor lokal ditengah malem… tengah malem??… iya bener-bener tengah malem jalan-jalan dan foto-foto.
Cuman biar  gak nyesel kalo balik jakarta

makasih banget buat 2 temenku yang mau rela nemenin aku ini. di pinggir sungai Musi. Kalo malem baguuuus bangets karna lampu-lampunya banyak.

Palembang sekarang sudah menjadi kota yang ramai luar biasa, jalan besar-besar.. Dan ada TransMusi (seperti busway, tapi ukuran bis-nya lebih kecil) dan jika di halte kecil bayarnya di atas bis. Jalanan teratur walaupun sayangnya ada beberapa spot yang sering macet, gara-gara angkot yang gak tertib dan beberapa proyek pelebaran jalan untuk persiapan acara Sea Games 2011, denger2 dari para driver, sebenarnya rakyat Palembang gak suka dengan proyek-proyek ini, tapi gubernurnya yang maksaain, jadi ada bbrp proyek yang unpredictable dan awful.

Secara cost-rates.. cukup murah (dibandingkan dengan Jakarta..tentunya). Yah makan nasi + ayam bakar di warung normal seharga Rp.10rb.  Disana cuman sempet makan beberapa fastfood (biar cepet bisa kerja lagi), dan beberapa makanan nasional normal, ayam goreng dll.

Aku dapat hotel ditengah kota persis, Hotel DUTA, tepat diseberang PIM (Palembang Indah Mall), lumayan bersih,kamar luas, kamar Deluxe ukurannya sekitar 4x6m, dilengkapi kulkas(1pintu besar), TV, AC, makanan yang tersedia termasuk murah. Cuman sayangnya makanan di Hotel itu gak karuan rasanya, standar banget dan cenderung ‘kering”, dan kurang recommended untuk wanita karena tengah malem beberapa kali sempat dapat telepon dari bbrp oknum gak jelas.. ganggu bangets. Tapi untunglah sempat diajak dinner sama Vendor di Hotel AryaDuta, secara design dalam bagus, pelayanan bagus dan makan di resto-nya “The Kitchen” masakannya cuman dapet nilai “7” lumayan.

Ni hotelku, berada di tengah kota, di depan PIM Palembang Indah Mall, dan disebelah persis ada Pempek Raden dan Pempek Vico.Hotel ini cocok buat yang suka jalan-jalan di Mall dan shopping. Sayang seribu sayang, aku kerja disana buat ATP (Acceptence Test Procedure) beberapa perangkat teknik yang baru. Jelas-jelas posisinya tidak di pusat kota, tapi ada di Jakabaring.. oh oh oh.. jadilah perjalanan 30menit buat sampai kantor… very.. very .. not effecient ya..

AKhirnya cuman sempat ke pinggir sungai musi jam 12 malem, indaaah bangets…. banyak lampunya dan disampingnya ada benteng Kuto Besar. recommended buat tukang jeprat-jepret pokoknya.

Makanan khas disana :

Pempek (ini udah terkenal), disana ternyata sering jadi makan pagi orang asli palembang. Pempek terkenal dengan daging tengiri, tapi ternyata yang lebih enak pakai ikan Gabus, rasanya ikan tapi gak terlalu amis. Beli paket Rp.100.000 cukup buat porsi 5 orang kenyang.

Krupuk Palembang, ini juga lumayan murah. Cocok buat oleh-oleh, tapi susah masuk bagasi..he he he

Pindang Ikan , ini sedep banget. Tapi buat yang gak suka ikan ada pindang tulang (pakai tulang dan daging sapi)

Btw, sebenere di Jakarta juga ada Pempek Raden, daripada bawa jauh-jauh, mendingan beli di jakarta khan. Salah satunya di Cibubur, dari tol masuk Cibubur ada di sebelah kiri. xixixi (wink..wink)

Anyway.. Palembang kota yang ramai, nyaman dan tenang, banyak makanan enak cocok buat yang suka wisata kuliner (yummy), secara bahasa mirip dengan bahasa Jawa… he he he. … dan disana dipenuhi oleh rawa-rawa, dimana pemukiman sebenarnya dibangun di atas rawa. Dan disana banyak sekali danau yang berfungsi sebagai penampungan air dikarenakan banyak rawa (yang menampung air) ditutup untuk dibangun pemukiman dan bangunan kota tsb.  Jadi seringkali airnya kurang baik. Dan ini sering terjadi, airnya kecoklatan. Dan kemungkinan karena design tata kota dan saluran air yang kurang baik mengakibatkan bila hujan 2-3jam, banyak bagian jalanan kota yang terkena banjir. Sayang seribu sayaang.

Senang jalan-jalan… tapi kalo gak sama suami.. gak enak… xixixi… manjanya keliatan khaan… yah namanya aja tugas, harus menghilangkan pikiran buat berlibur.. ayoo kerja!!

Penghiburan melalui hal kecil yang luar biasa

Beberapa hari kebelakang merupakan hari yang sangat sibuk, .. keliatan khan gak ada update blogku.. xixixixi

Dinas luar daerah yang overtime work, dilanjutkan dengan training kantor, dan beberapa masalah keluarga yang tidak ada habisnya. Juga bejibun kewajiban sebagai anggota keluarga besar. membuatku capek secara pikiran dan tubuh. Dan alhasil aku mengesampingkan pelayananku di gereja ( sambil memohon “ampuni aku Tuhan”)

jadi hari Sabtu lalu, ketika pulang ke rumah rasanya pengen tidur aja dan bersantai, walaupun ada konser Paskah buat pembangunan gereja. Tapi karena perasaan bersalah buat pelayanan gereja, akhirnya kami memaksakan buat berangkat ke gereja. Kami sengaja datang lebih awal karena diminta buat bantu persiapan anak Sekolah Minggu yang mau tampil menyanyi.

Sempat telat 30 menit karena ketiduran, tapi kedatanganku tetap disambut oleh anak-anak Sekolah Mingguku dengan wajah-wajah ceria mereka.. “Kaaaakkk Saaaaarrrrrrrrrrriiiiiii !!”…  senyumpun merekah diwajahku. (penghiburan kecil dimulai)… kemudian kubantu mereka berpakaian dan berdandan satu persatu wajah mungil mereka aku poles dengan sedikit blush on dan lipstik.

Saat menunggu giliran mereka tampil, tiba giliranku buat meredam semangat mereka (maksudnya jagain biar mereka gak ribut di backstage..). Akhirnya aku dan anak-anak saling mengobrol. Begini percakapan kami :

Anak I : kaak.. itu siapaaa? (sambil tunjuk my hubby)

Aku : sapa hayooo…….     itu suami kakak !

Anak I : waaah.. Kakak sudah menikaaah !! (sambil lonjak-lonjak kegirangan)

Aku hanya tersenyum kecil dan geli sendiri…

Anak II :  kakak sudah punya anak ?

Aku : Belum dek… kakak masih berdoa biar dikasih Tuhan. (Gak mungkin bahas istilah PCO dan lain2 ke mereka khaaan!!)

Anak II : (Oooo…. sambil  terlihat berpikir dengan wajah mungilnya) dan tiba-tiba saja seperti menemukan ide… dia berkata “Sebentar..sebentar”

Anak II  mengusap-usapkan kedua tangannya lalu telapak tangannya sperti membentuk bola, dan berkata

Anak II : ” Nii Kaaak… aku bikinin biar ada dedeknya yaaa” (Sambil menaruh kedua tangan kecilnya ke perutku sambil tersenyum sangat maniss)

Rasanya aku tercekat,  pengen menangis saat itu juga dan terharu dan langsung kupeluk dan kucium anak itu.

Tuhan betapa besar kasihmu padaku dan penghiburan tetap kau berikan melalui hal-hal kecil walaupun hal-hal yang kulakukan dengan pelitnya.

dan aku bersyukur pada orang tua  anak II yang sangat pintar mendidik anaknya. Sehingga anak itu menjadi berkat bagi orang lain. Bersensitiflah dengan kondisi sekelilingmu dan temukan penghiburan-penghiburan melalui hal-hal kecil diselilingmu.

Tuhan mengasihimu

 

Mengenal pasangan dalam kejujuran

Seringkali berpikir.. I already knew him 100%… pede banget

Dan ternyata T I D A K

Pengenalan pasangan suami istri membutuhkan waktu, pengalaman dan kejujuran.

Paling penting adalah kejujuran, karena waktu dan pengalaman itu terus menerus. Kejujuran itu bukanlah hal yang mudah dilakukan, dan ini ada hubungan dengan kebiasaan bawaan dari sebelum menikah.

Perlu adanya keterbukan dan keberanian untuk menyakiti dan disakiti. Perlu juga ada rasa menerima dan menghargai, apapun kenyataan yang dihadapi.

Buatku dan agamaku, pernikahan hanya terjadi 1x seumur hidup, tidak ada kata cerai. Maka semua yang ada di dalam pernikahan harus DITERIMA.

Saat ini ada kejadian yang membuatku terkaget-kaget dan sulit diterima oleh prinsip hidupku. Tapi itu sudah terjadi, dan tidak bisa diulang lagi. Yang ada hanyalah berusaha menerima dan ikhlas 100%, bahwa ini adalah pelajaran dari pernikahan kami.

Jujur aku sangat terpukul dan butuh waktu 2 hari buat termenung dan terbengong-bengong menerima ini.

Jujurlah apapun yang kau hadapi

Jujurlah walaupun itu pahit

Jujurlah walaupun itu memalukan

Jujurlah denga hatimu takut akan Tuhan

Jujurlah dengan dasar kasihmu padaku

Maka mari kita hadapi BERSAMA  dan belajar dari kesalahan yang sudah terjadi

Dan biarlah Kasih dan Kuasa ALLAH yang benar-benar mempersatukan kita

Jika engkau baca tulisanku ini yang, aku mau kamu tahu aku mencintaimu dengan kasih Allah, dan aku mau kejujuran dan mari kita saling belajar dan berbagi. I Love you, nduts