Makanan Purwokerto : Kraca

Habis mudik tentunya, gak lupa makanan khasnya disana.

Salah satunya adalah Kraca.

Apa sih kraca itu?

Kraca adalah makanan dari keong  yang dimasak dengan bumbu berempah. Jadi rasanya gurih dan sedikit pedas.. wuenaak tenan

Satu porsi harganya Rp.5000,- (sekitar plastik 1/4 kg)

Belinya di seberang alun-alun Purwokerto, pakai gerobak jual makanan deket ama toko buku Bekas. (lebih tepatnya seberang Masjid Alun-alun Purwokerto)

Kraca Purwokerto

ambil dagingnya lewat "pintunya"

niih.. dagingnyaa... sedeep enaak

Biasanya disediakan lidi untuk menusuk daging seperti alat tusuk gigi. Jangan pernah lewatin nih makanan kalo dateng ke Purwokerto yaaa

Ibu …. cepet sembuuh yaa

Dimataku… sosok Ibu adalah wanita yang sangaaat kuaat. Dia bukan seorang typical Ibu Rumah Tangga. Dia type seorang wanita pekerja keras dan cenderung tidak mau diam. Kemanapun dia pergi dia masih membawa mobil sendiri, dia seorang yang menata diri dengan sangat baik, tiada hari tanpa sanggulnya dan semua dia kerjakan sendiri,jarang aku melihatnya diam. Bahkan kalo aku pulang kampung, masih ada kebiasaan, yang mana aku minta anter kalo kemana-mana dan Ibu yang supirin… Di mataku dia wanita kuat.

Jujur aku tidak pernah dekat dengan Ibuku, karena kesibukan dia yang begitu luar biasa. Dan dimasa dewasa, dimataku dia adalah seorang teman bagiku.

Baru dapet telepon kalo Ibu  didiagnosa “saraf kejepiit” di bagian leher … hemm..  firstly kayaknya it’s a simple thing.. I guess, Tapi ternyata saraf kejepit itu bikin Ibu gak bisa gerakin tangan kanan dan bahu kanannya. Dan dokter minta buat operasi aja. (tapi Ibu gak mau dan gak siap). Jadilah sekarang Ibu pake penyangga leher dan diminta banyak istirahat.

Jadi berita ini membuatku syok karena sosok itu terlihat makin memudar kekuatannya. Bahkan untuk menyisir rambutnya pun dia kesulitan (ku ulangi lagi, dia sangat menikmati berdandan dan sanggul menyanggul)… Buatku itu hal yang sangat menyedihkan.

Waktu terus berlalu dan tanpa terasa.. kekuatanmu tergerus oleh usia..

Ibu… cepat sembuuh ya… I love you

Kesehatan itu penting

Akhir-akhir bulan ini, aku dikejutkan dengan bbrp berita

  • Kakak sepupu (Ipar) yang sehat bugar, tiba-tiba di diagnosa kanker paru-paru stadium 4 saat sedang general checkup iseng-iseng, sekitar 3 bulan lalu.
  • Artis terkenal dan politikus ADjie Massaid yang terlihat gagah dan bugar, bahkan membintangi bbrp iklan ttg kesehatan, tiba-tiba meninggal karena serangan jantung
  • Temen gereja, baru berusian awal 40-an meninggal dunia setelah latihan futsal. meninggalkan 2 orang anak yang masih kecil dan seorang istri yang sangat cantik
  • Tanteku yang paling kecil tiba-tiba, didiagnosa tumor/kanker paru.
  • Temen gereja masih usian 20-an, meninggal setelah koma 3 hari karena pre-eklamsia. Meninggalkan seorang suami dan bayi prematur dengan berat 1,5kg. (baru hari Senin kemaren)

sakit itu luar biasa gak enaaak !!

Rasanya miris dan takut…sejenak ada rasa tidak percaya.

Tapi beginilah jadinya dunia saat ini, bahkan di detikhealth beberapa waktu yang lalu disebutkan,”pria dengan kelahiran setelah tahun 1980, mengalami penurunan kualitas sperma”. Seakan-akan manusia sebuah produk pabrik !!

tanaman organik

Beginilah dunia saat semua jarang melihat tanah, jarang melihat wortel yang masih berbalut tanah, ataupun bayam dengan akar penuh tanah, yang menghirup udara segar bebas polusi adalah sebuah kemewahan, produk instan yang diklaim menolong banyak orang (terutama saat bencana alam) merupakan salah satu sponsor utama bahan karsinogen pembawa kanker !!

makanan instan murah dan enak

Pasti sudah tidak asing dengan Mie Instan, Sarden kaleng, sambal botolan, saus botolan, penyedap rasa,ayam boiler, telur boiler, dll. (berani taruhan barang2 itu semua ada disemua dapur !!)

Dan ternyata sekarang menjaga kesehatan itu mahaall. Dan inilah bbrp tips menjaga kesehatan. Kenaapaa??

  1. Olahraga – Lahan untuk olahraga dimana ya? paling banter di kompleks. dan buat nyaman kudu mengeluarkan kocek cukup besar untuk menjadi member Fitness center, aerobik, atau yoga. Juga terbatas pada waktu, mau tengah malem atau subuh2?? (Berangkat kerja pagi-pagi sekali dan pulang kantor hampir tengah malem)

    Usahakan untuk terus olahraga

  2. Makanan organik (makanan tanpa pestisida), lihat saat sayuran organik hanya dijual di supermarket dengan harga 2-3 kali lipat sayuran non-organik. Bayam, kangkung, brokoli, ayam kampung, telur kampung. Berani beli untuk konsumsi sehari-hari?

    serba sehat dan organik

  3. Memperbaiki gaya hidup dan makan. Mau makan sehat? kalo lagi jajan diluar jangan makan di fastfood, K*C, H*kben, Mc*, warung Indomie, bakso ato mie ayam. Cari restoran yang bener bersih dan sehat… mahal khaan!!
  4. Mempunyai asuransi kesehatan, beruntunglah kalo mempunyai asuransi dari kantor. Yang tidak, sepertinya harus buru-buru daftar deh
  5. Rutin melakukan general Check up… Mahiiil minta ampuun dan seringkali tidak bisa di klaim asuransi. Untuk ini menurut informasi harganya mulai sekitar 2 jt.

    jangan sakit kalo gak punya duit

Itulah hidup yang saat ini kita jalani, semuanya karena manusia sendiri, yang berusaha semakin canggih, tapi tidak bisa memperkirakan dampak jauuh kedepannya.

Anyhow.. whatever.. Jagalah kesehatan karena sesuai slogan lama, lebih baik mencegah daripada mengobati !!

Di keluargaku  sedang dikembangkan program penyehatan jugaa.. walopun kadang-kadang mie instannya masih masuuk… he he he

bayangkan kalo kita seperti jaman manusia gua.. gak bakalan ada kanker dan teman-temannya… Au..Auuuuuooooooo … (sambil loncat dari pohon ke pohon)

Au.. Auuooooooooooo

Kusuka Langit Biru

Aku.. suka banget kalo lihat langit biru dan awan yang bermanja-manja..


langitnya cibubur

langit pagi jakarta-kuningan

langit jakarta kuningan2

langit belakang rumah.. :p ..xixixixi

Seringkali dengan segala kesibukan kita, jarang sekali kita melihat keindahan langit yang sudah diciptakan Tuhan. Lihatlah langit.. percayalah keindahannya tidak selalu sama.

Melihat langit membuatku teringat Tuhan

Melihat langit membuatku menyadari bahwa aku begitu kecil

Melihat langit membuatku menyadari bahwa masih luas yang belum kutahu dan kujamah

Praise to the Lord that’s create our universe.. Almighty Thou Lord..

Glory..Glory..!!

 

 


Konsultasi BIC-II

Yup.. Masuklah kami ke konsultasi sesi-2
Pertama, kita mengambil hasil analisa sperma suami. … Well.. Disini suami lumayan syok (kita ktemuan di klinik dr kantor masing, dan suami daftar duluan sambil ambil hasil sendiri,… aku temuin udah duduk bengong di sofaa tunggu). Dia cuman bilang gini “yank, kayaknya aku yang bermasalah deh”. Pas aku liaat, hasilnya kayak gini : Asthenozoospermia,

Asthenozoosperma artinya ada masalah di gerakan sperma (abnormalitas gerakan sperma), harusnya yang dominan adalah sperma yang bergerak lurus cepat. Walopun secara nilai tidak terlalu buruk, tapi ngepass banget. Tapi aku bilang ke mas “gak pa pa… sebenenere ini masih normal kok… harusnya bukan masalah.. syukurlah udah tau, jadi bisa diobatin”
Kedua, kita masuk ke ruang konsultasi. Cepeet boo… Jam 18:15.. cuman nunggu 15 menit doang.
Langsung aku ‘obok-obok’, menyambung cerita lalu, kita mau melihat apakah folikel2 kecil itu mengganggu pertumbuhan sel telur (PCOs).. Setelah dicek ternyata sel telurku tumbuh normal (18mm) pada hari ke-13 ( ± H-1 masa subur ), dan diagnosanya … Aku tidak kena PCOs.. (sambil loncat-loncat).. Rahim bagus, (Well, diagnosanya sama ama di sammarie siih!!) Puji Tuhaan !!
Jadilaah keputusan dr.Irham S : suami diminta minum vitamin antioksidan untuk membantu kualitas sperma, dan di minta untuk minum itu selama 2 bulan, dan diminta “rutin” 2 hari 1x saat masa subur, dan coba ‘alami’ 2 bulan, sebelum next step – inseminasi.

Obat Antioksidan untuk suami

Daaan.. horeeee.. saya gak perlu minum obaat (cuman vitamin asam folat yg kemaren).. teler tau.. setengah tahun minum obaat muluu.. hi..hi..hi.. curcool 😀

Dokter juga pesen kudu rajin olahraga .. ini niih yang susaaaah bangeets..banyaaak banget alesannya.. 😀

Then see you next 2 month buat liaat hasilnya yaaaa.. (rasanya gak sabar  buat next step.. …. ehh bukannya gak pengen 2 bulan ini “jadi”.Tapi jujur aja udah hopeless dengan cara “alami”… eeehhh.. tapi tetep didoain kok.. (tetep gak mau disalahin..xixixii))

PS : dokternya keburu-buru mau tindakan, jadinya lupa mau pap smear 😦 .. next appointment deh

sttt … apotik modern disini(liat posting sebelumnya) ternyata simpenan obatnya ada dissini

Ternyata Obatnya disembunyiin di lemari bawahh.. xixixi (pake kamera tersembunyi)

Bersyukur

Bersyukur

Ditengah kegelapan.. pelanginya indaah sekali

Temaaan….

Bersyukurlah bila kau tetap sehat…. Karena itu berarti kamu bisa beraktifitas normal
Bersyukurlah bila kau tahu penyakitmu… Karena itu berarti kamu tinggal mencari obatnya
Bersyukurlah bila kau dalam pengobatan…Karena itu berarti kamu menuju kesembuhan

Bersyukurlah bila kau berkecukupan…. Karena itu berarti kamu bisa makan hari ini
Bersyukurlah bila kau berlebihan materi …. Karena itu berarti kamu bisa berbagi
Bersyukurlah bila kau kekurangan materi…. Karena itu berarti kamu membantu orang berlebihan untuk belajar membagi

Bersyukurlah bila kau sedang bersenang hati…. Karena itu berarti kau bisa menyemarakkan dunia
Bersyukurlah bila kau bersedih…. Karena disitu kau bisa menemukan sahabat sejati

Hanya sekali aku pernah merasakan minuman jahe terenak di dunia, itu saat ospek awal kuliah. Kita gak mandi selama 4hari, digojlok abis2an. Malem itu kami diminta makan sandwich krupuk, yang isinya lumatan pisang (yang abis dikunyah temen sebelah..wuuueekkk), bubuk mint pedas, dan ditaburi cokelat cair. Ditutup dengan minum Brotowali dicampur minyak ikan. Iiiiihh rasanya mengerikaaan, antara amis, dan pahit (sekali). suuuer mau muntaah.. Nah setelah kita udah kleyengan udah mau muntaah, baru kita dikasih minuman jahe maniis dari ceret jelek. Rasaa tuuu minumaan … ueeenaaak bangeeet… gak pernah aku minum jahe seenak itu.. (sampe sekarang)

Dan ternyata pesan moral sesi itu adalah kuliah itu sangat berat, terkadang menjijikan, namun hasil akhirnya akan berasa sangaaat manisss.

Begitulah hidup…Kita tidak mungkin tahu betapa manisnya rasa gula, bila kita tidak pernah merasakan pahitnya daun pepaya.
Manisnya hidup juga akan terasa lebih lebiih manis, setelah kita merasakan pahitnya hidup.

Temaaan … apapun yang terjadi bersyukurlah, karena hidup ini indah

Jadi percayalah, rencana Tuhan begitu indah buat hidup kita!!

Syukuri apapun.. Dan kau akan berbahagia !!