Kamera.. oooh.. kamera

Hemm.. kalo kalian udah baca-baca blog-aku… mostly gambar2 yang ada adalah hasil dari kamera Hape. Ya jelas hasilnya pas-pas-an

Tadinya kami tidak pernah terpikir buat beli kamera. Karena toh kami mempunyai kamera di Hape masing2.

Namun seringkali jadi masalah, ketika kami traveling atau berkumpul denigan banyak orang. Tentunya kamera Hape kami sudah tidak mencukupi lagi. Ditambah dengan rencana hadiah wisata dari kantor suami. It’s excited for us… apalagi misua yang belum pernah ke luarnegeri. he he he Sering keliling indonesia, tak satupun yang ke LN.Maklum budget liburan kami tidak bisa sampe luar pulau bahkan luarnegeri.

Okelaah.. kayaknya ini waktu yang pas buat cari kamera deh. Hemm.. sebenere aku senang liat2 poto bagus… But suka foto dan bisa menghasilkan yang artistik.. kayaknya belum tau deh.

Ada bbrp macam kamera :

  1. Kamera Digital Pocket : Kamera ini kamera yang secara umum dipakai. Berbentuk kecil dan ringan. Namun terbatas di Optical zoom. Dan yang pasti kamera ini paling murah.(Harga sekitar Rp. 800rb – Rp.3juta)

    Jenis Kamera Pocket

  2. Kamera Digital Prosumer : Kamera ini kamera ‘banci’, karena dia ada di tengah-tengah antara pocket dan SLR. Secara bentuk hampir mirip dengan SLR (ada moncong panjang di depan), namun lensanya tidak bisa diganti-ganti. zoom-nya lebih bagus dibandingkan dengan pocket, namun lebih ringan dan lebih kecil dibandingkan kamera SLR. (Harga sekitar Rp.3juta-5juta)

    Kamera Prosumer

  3. Kamera SLR (Single Lens Reflex) : Kamera ini biasa digunakan oleh fotografer profesional dan penyuka fotografi. Lensanya bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Dan yang pasti harganya sangat tinggi (Harga diatas Rp. 5 juta)

    Jenis - Kamera SLR

Kami memutuskan kamera pocket paling sesuai untuk kami. Gampang dibawa kemana-mana dan murah.ha ha ha dan kami belum sadar fotografi.

Mulailah pencarian kami, dan baru sadar ternyata banyaaak sekali jenis kamera pocket berbagai merek dan berbagai tipe… Aduuuhhh.. gimana nih.. Mana hampir semua sama spesifikasinya lagi.

Dan ternyata jika mau ke Oktagon atau JPC, lebih baik telepon dan memesan barang dulu sebelum datang, biar barang jelas tersedia dan bisa dilayani lebih baik.

Pertama sebelum membeli, lakukan :

  • Kenali kebutuhan pribadi, membutuhkan optical zoom yang tinggi atau tidak. Membutuhkan resolusi tinggi atau tidak. minimal 10.1 MP, dan optical minimal 4x.. for me
  • Survey harga secara online dan offline. Secara online bisa melalui : http://www.camzone.com, http://www.TokoDigital.com, http://www.bhineka.com, http://www.oktagon.co.id,  dan lain-lain. Sedangkan secara offline bisa melalui mall2 dan pertokoan elektronik
  • Kapasitas penyimpanan data yang dibutuhkan, saat ini secara umum mencapai 4 GB – 16 GB. Semakin besar kapasitas semakin banyak besar dan jumlah foto yang bisa tersimpan. Kapasitas penyimpanan juga ada bermacam-macam : SD card, MMC Card, SDHC card.
  • Koneksi yang dibutuhkan, selain dengan komputer (tentunya), apakah membutuhkan koneksi ke TV (bisa melalui HDMI atau TV cable biasa)
  • Display/Preview yang dibutuhkan, apakah membutuhkan minimal LCD (menurut saya ini hanya optional)
  • Menu kamera yang dibutuhkan, pastikan ada berbagai menu seperti timer, auto focus dll.

Jangan lupa juga bertanya kanan-kiri, sesuai pengalaman orang. dan juga coba lihat hasil jepretan kamera kawan kanan kiri.

Sample Foto menggunakan kamera Sony

Kalau issue2nya, dari para user kamera .. ini nih urutan  kamera yang jadi pilihan banyak orang :

  1. Canon
  2. Nikon
  3. Sony
  4. dll

Tapi seperti juga selera.. tiap orang punya selera dan kebutuhan sendiri. Pilihan diatas bukan sesuatu yang mutlak.

Namun bisikan bbrp teman mengatakan, kualitas sebuah kamera sangat ditentukan oleh kualitas lensanya, lensa yang bagus misalkan Carl-Zeis.. juga sangat ditentukan oleh settingan kamera.. even kamera pocket.. sekarang juga membutuhkan settingan. Jika mau belajar dasar, bisa googling “Segitiga Fotografi” atau teknik dasar fotografi. It’s good the learn it before you choose camera.

Demikian sharing saya dalam hari ini, ublek-ublek internet untuk survey sebuah kamera digital pocket yang murah.
PS : my lovelly hubby.. beli yang agak bagusan yuuukkk .. xixixixi

Update : akhirnya aku dapat kamera disini

Advertisements

3 thoughts on “Kamera.. oooh.. kamera

  1. Pingback: Kameraku bener-bener pocket kamera .. « ..:: SinaR LiLin-Ku ::..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s