susah seneng ngajar di Sekolah Minggu

Sudah hampir 6 bulan ini, aku terlibat di pelayanan Sekolah Minggu di gereja

Well… buat aku yang cinta ama anak-anak, tapi tidak berpengalaman bergaul mereka, mbuat aku cukup kebingungan dan mutar otak!!
Pertama dari sisi bahasa, aku biasa bekerja di lingkungan profesional engineer, jadi susah untuk menyampaikan sst ke anak-anak. Sueeer…
yang menurut aku sederhana, ternyata buat mereka itu bukan sederhana.
Ada cerita lucu..
Pas aku cerita adam dan hawa, sewaktu mereka jatuh dalam dosa, dan ada kutukan .. “Hawa menjadi berahi kepada suaminya”.. tiba2 seorang anak laki (gendut dan garang..tapi cutee), sekitar kelas 1SD, bertanya “Kak… berahi itu apaaa?” … upppsss… lumayan gelapan deh jawabnya…ha ha ha..
Pokoknya banyak cerita lucu didalemnya..

Pokok kenapa aku suka melayani di anak-anak, adalah sewaktu melihat mata mereka pas aku lagi cerita alkitab.. kayak ada kepercayaan dimata mereka buat aku..

Hati dan pikiran mereka masih bersih.. tinggal gimana orang dewasa di sekitar mereka menggambar pikiran mereka. Diberikan iman &pengetahuan. Karena aku percaya, apa yang aku ajarkan dan semoga efektif masuk ke pikiran&hati mereka pasti sampai mereka dewasa, mereka bisa mengingatnya !!

Bbrp minggu kemaren aku sempet sedih, gara-gara ada seorang ibu, orangtua dari murid sekolah minggu, menyindir dan menegur kami. “Guru Sekolah Minggu sekarang ini gak ada kualitasnya yaa… mereka heboh sendiri, gak meduliin murid2!!” … Whaaattt… “Gak kayak jaman dulu.. ada kak X, ada kak Y.. mereka bagus ngajarnya!!”…
Rasanya aku marah banget… jujur.. aku manusia biasa… aku pengen bilang “Bu… kita punya 150 anak SM, dan hanya ada 6guru SM yang aktif mengajar!! kita sampe serak2 dan pontang panting”… “bu.. kak X dan kak Y.. udah gak aktif lagi, udah diajak lagi tetep gak dateng….” ..”Bu.. kami gak pernah dikirim untuk training.. dan saya belajar otodidak dari buku dan tanya2 temen sendiri.. kubela2in beli buku pake kantong sendiri!!”…
Aku sudah berusaha.. maafkan bila belum memenuhi standard Ibu…

Tapi aku menikmati kok mengajar anak. Aku memang masih belajar.. tapi aku bener persiapan dengan baik.. walopun sampe salto2 jungkir balik.. aku putar otak.. gimana caranya firman Tuhan bisa mereka mengerti dan mereka bisa lakukan dengan cara sesimple mungkin”

It’s just my pray :
God.. give me patient and creativity.. cause I can’t do anything without YOU

Advertisements

One thought on “susah seneng ngajar di Sekolah Minggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s