Tsunami mentawai dan Gn Merapi

Turut bersedih untuk kawan-kawan di mentawai dan di sekitar Gn Merapi.

Semoga semua dapat terlewati …

Tetap kuat laah kawan…

God take care of you…

Advertisements

Persiapan Sekolah Minggu – 24 Oktober 2010

Yup minggu ini tema :

“Mengampuni dan Menerima Kembali”
Kejadian 45 :1-28

Intinya pelajaran untuk anak adalah : Setelah perjalan panjang hidup Yusuf yang lika-liku, dia akhirnya sudah berhasil (menjadi penguasa Mesir). Dan ketika saudara-saudaranya datang, dia mampu mengampuni dan menolong saudara-saudaranya !! Kenapa dia bisa mengampuni? Karena dia mempercayai bahwa rancangan Tuhan itu Indah

Minggu ini aku bertugas di kelas-C (1SMP), .. baru pertama kali nih! Karena minggu2 lalu sudah pernah belajar mengenai diampuni dan mengampuni. Maka saat ini aku pengen menekankan untuk mereka bisa menerima masalalu dengan segala kesedihan didalamnya (spt Yusuf yang dijual oleh saudara2nya, jadi budak, di fitnah, masuk penjara), namun selama dia taat dan setia pada Allah, dia bisa berhasil !! Dan dia mampu mengampuni saudara2nya.

Jadi aktifitasnya sbb :

Yang mana murid bisa mendeskripsikan masa susah dan senang mereka dalam hidup mereka sehingga mereka bisa melihat potongan rencana Tuhan bagi hidup mereka dan menyukuri, juga bagi yang bermasalah dapat di konseling dan di arahkan untuk mengampuni orang2 yang menyebabkan susah mereka.

Amien

susah seneng ngajar di Sekolah Minggu

Sudah hampir 6 bulan ini, aku terlibat di pelayanan Sekolah Minggu di gereja

Well… buat aku yang cinta ama anak-anak, tapi tidak berpengalaman bergaul mereka, mbuat aku cukup kebingungan dan mutar otak!!
Pertama dari sisi bahasa, aku biasa bekerja di lingkungan profesional engineer, jadi susah untuk menyampaikan sst ke anak-anak. Sueeer…
yang menurut aku sederhana, ternyata buat mereka itu bukan sederhana.
Ada cerita lucu..
Pas aku cerita adam dan hawa, sewaktu mereka jatuh dalam dosa, dan ada kutukan .. “Hawa menjadi berahi kepada suaminya”.. tiba2 seorang anak laki (gendut dan garang..tapi cutee), sekitar kelas 1SD, bertanya “Kak… berahi itu apaaa?” … upppsss… lumayan gelapan deh jawabnya…ha ha ha..
Pokoknya banyak cerita lucu didalemnya..

Pokok kenapa aku suka melayani di anak-anak, adalah sewaktu melihat mata mereka pas aku lagi cerita alkitab.. kayak ada kepercayaan dimata mereka buat aku..

Hati dan pikiran mereka masih bersih.. tinggal gimana orang dewasa di sekitar mereka menggambar pikiran mereka. Diberikan iman &pengetahuan. Karena aku percaya, apa yang aku ajarkan dan semoga efektif masuk ke pikiran&hati mereka pasti sampai mereka dewasa, mereka bisa mengingatnya !!

Bbrp minggu kemaren aku sempet sedih, gara-gara ada seorang ibu, orangtua dari murid sekolah minggu, menyindir dan menegur kami. “Guru Sekolah Minggu sekarang ini gak ada kualitasnya yaa… mereka heboh sendiri, gak meduliin murid2!!” … Whaaattt… “Gak kayak jaman dulu.. ada kak X, ada kak Y.. mereka bagus ngajarnya!!”…
Rasanya aku marah banget… jujur.. aku manusia biasa… aku pengen bilang “Bu… kita punya 150 anak SM, dan hanya ada 6guru SM yang aktif mengajar!! kita sampe serak2 dan pontang panting”… “bu.. kak X dan kak Y.. udah gak aktif lagi, udah diajak lagi tetep gak dateng….” ..”Bu.. kami gak pernah dikirim untuk training.. dan saya belajar otodidak dari buku dan tanya2 temen sendiri.. kubela2in beli buku pake kantong sendiri!!”…
Aku sudah berusaha.. maafkan bila belum memenuhi standard Ibu…

Tapi aku menikmati kok mengajar anak. Aku memang masih belajar.. tapi aku bener persiapan dengan baik.. walopun sampe salto2 jungkir balik.. aku putar otak.. gimana caranya firman Tuhan bisa mereka mengerti dan mereka bisa lakukan dengan cara sesimple mungkin”

It’s just my pray :
God.. give me patient and creativity.. cause I can’t do anything without YOU

Disuruh ngurangin nasi ama pemerintah???

Whatt !!…
Ngebaca berita di : http://www.detikfinance.com/read/2010/10/13/141059/1463838/4/pengurangan-konsumsi-nasi-demi-ketahanan-pangan

Intinya pemerintah nyuruh rakyatnya mengurangi makan nasi.
Oke… we listen..sirs..
But…
What’s the most cause?? kok ya tiba2 nyuruh kita mengurangi makan nasi…
Tau gak.. sbenere kenapa tiba2 pemerintah nyuruh kita ngurangin nasi?

yup.. coz produksi beras nasional turun drastis…

Pak.. kalo ada masalah di ketahanan pangan… kenapa tiba2 nyuruh kita ngurangin makanan nasi, bahkan mengganti pangan pokok !! Masalah nasi bagi kita berupa kebiasaan, yang mana sudah di adaptasi oleh tubuh 100%.
Jika pemerintah menyarankan mengurangi nasi itu buat kepentingan kesehatan dan gizi. We could appreciate your works… But…
Ketahanan pangan yang turun, gara-gara banjir, longsor, lumpur, dll… Coba pak tolong berkaca…. kenapa itu semua terjadi?? Itu karena pemerintah gak bisa ngelola hutan kita, karena penebangan ada dimana… ada tambang liar dimana2 yang diakibatkan oleh kemiskinan penduduk. Juga petani kita mana bisa berkembang kalo panen mereka selalu dipermainkan harganya dengan gila-gila. Aku inget waktu pelayanan di daerah Getasan (ada di gunung, area Kopeng, dekat Semarang)… mayoritas dari mereka adalah petani, waktu itu panen cabe merah keriting, yang hanya dihargai Rp.500,-/kg dan tomat yang dihargai Rp.250,00/kg… Padahal waktu itu dipasar harga cabe merah keriting Rp. 8000/kg dan tomat Rp. 4000/kg. Just imagine.. how’s their life !!

Waktu tau itu rasanya marah banget ama para pemain harga pasar (mereka ada hubungan dengan pemerintah!!)

Nah kalo sekarang ketahanan pangan turun, intropeksi doonk. Jangan minta rakyat yang tiba2 disuruuh ngurangin makan nasi !!! Bukan masalah kita gak mau ngurangi makan nasi.. tapi alasennya begitu tiba2 insidental.
Kalo tahun depan produksi beras meningkat, apakah kita disuruh meningkatkan makan nasi ??
Kalopun sekarang kami mau mengurangi nasi, digantikan dengan Ubi,jagung,ketela. Apakah stok ubi,ketela dan jagung juga ada?? Susah nemuin mereka.. apalagi di Jakarta sini !!

Tolong intropeksi pak pemerintah !!