Diary Therapy Hamil for PCOs

Ini adalah catatan kecilku tapi kok lama2 jadi banyak ya… untuk memantau perkembangan therapy PCOs yang sedang aku jalanin.

Lilypie Trying to Conceive Event tickers

Sudah 2 3 4 5 6 7 8 bulan berobat di Dr. Adi Setyawan di Purwokerto, dengan diagnosa kena PCOs , yaitu sel telur yang tidak bisa matang dan pecah dengan alami, sehingga tidak bisa dibuahi

Biar aku gampang inget history terapi hamil yang aku jalanin, kayaknya mesti ditulis lengkap deh.. secara aku bukan orang bidang kesehatan yang bisa hapal nama2 obatnya :p
~~~ SEPTEMBER ~~~

Yuppp… Obatnya berhenti total .. udah mulai yang namanya penyakit males dateng.. dan juga hopeless, juga coz gak sempet pulang kampung gara2 sabtu-minggu byk acara (sok penting niih .. xxixiix)

Tapi Terapi Juicenya tetep jalan kooook… walopun kadang 2 hari sekali… yang penting rutin laah…

Haid : 1 September 2010 (lagi2 tanpa sakit sama sekali)

Efect Juicenya mungkin kesini ya.. dan juga udah sejak ngejuice gak pernah sakit… padahal lagi dikelilingi orang sakit flu lhoo … bangga deh rasanya

~~~ AUGUST ~~~

Konsultasi by phone, bener2 cuman kadang minum obat kadang nggak.. ampuuuun.. maafkan aku.

Tapi berdua rajin minum Juice Wortel + Apel + tomat setiap hari 2 gelas.. cihuuuuy

Haid : 3 August 2010, hampir tanpa sakit sama sekali (siklus 28 hari)

~~~ JULY ~~~

Masih konsultasi by phone, yang hanya copy resep Methformin aja

Mulai males atawa lupa minum obat, jadi kadang cuman 1 kali sehari.
Mungkin karena mulai terapi jUice jadi kalo haid gak terlalu sakit lagi

Haid : 6 July 2010 (siklus 28 hari)

Tapi bulan2 ini bulan yang termasuk capek, banyak kerjaan. Jadi kondisi lumayan tired much

Terus terang bulan ini rasa2nya capek minum obat mulu, dan mau berhenti aja, tapi mau di kuat2in.

Ada rencana buat pindah dokter di Jakarta, biar gak usah pulang kampung .. jauuh boo

~~~ JUNE ~~~

Gak ada tanggal libur.. and males mode=ON makan absen ke dokter. Cuma konsultasi by SMS dan diminta copy resep aja, tapi only nevox.
Obat : Nevox 500mg (2 kali sehari)
Untuk bulan ini berkat Ovutest aku berhasil tau masa subur… padahal sempet dag-dig-dug..secara kalo siklusku 27 hari mestinya di hari ke-13 sudah subur, tapi aku test baru ada hasil subur hari ke-18.. (bikin abis stok ovutest…xixixi).. dan langsung hajar.. he he he
.. tapi ternyata si dia datang juga pada hari ke-34… Yup… siklusku jadi 34 hari… (sebelumnya cuman 26 hari). Ternyata bener.. masa subur itu 14 hari sebelum haid berikutnya…!!

Haid : 8 June 2010

~~~ MEI ~~~~
tanggal kunjungan dokter : 13 Mei 2010
Hasilnya mulai terlihat yaitu sel telur yang bandel (tdk mau pecah2) akhirnya menghilang, sehingga bisa membuat telur yang lain mulai bisa berkembang

Bulan Mei obat yang diberikan :
1. Nevox 500mg (2 kali sehari) : ini awal pemakaian juga buat pusing, dan diare
2. Hexilon (1 kali sehari) : obat untuk hormon tiroid, yang katanya sedikit ada pembengkakan, jadi kudu dikendalikan, karena bisa berpengaruh pada proses pematangan telur

Diminta oleh dokter untuk mengecek kesuburan dengan OVUTEST, pada hari ke-13 sampai hari ke-17 setelah haid..

Haid 6 Mei 2010 (berarti tepat siklus 26 hari setelah haid yang lalu)

~~~ APRIL ~~~~

Bulan April ini, karena banyak kegiatan di gereja, jadi gak sempat pulang, dan dokter bilang tinggal di copy aja resepnya. jadi obatnya sama dengan obat bulan Maret

Haid : 10 April 2010 (berarti 27 Hari setelah haid yang lalu)

note : gak tau yang bulan ini kok sering banget diare (gak tau nih karena obat ato karena kondisi badan ya?) .. oia berat badan juga naik ni.. gara2 makan lahap banget.. xixixixixi

~~~ MARET ~~~~

tanggal kunjungan dokter : 15 Maret 2010
Bulan Maret obat yang diberikan :
1. Nevox 500mg (2 kali sehari) –> ini awal pemakaian juga buat pusing, dan diare
2. Invitis (2butir only, 1x/hari) –> ini untuk meluruhkan sel telur yang tidak pecah2,(konon sel telur satu ini udah 3 bulan gak pecah, tapi besaar banget)

Hasil : Haid 14 Maret 2010 (berarti tepat siklus 28 hari)

~~~ FEBRUARI ~~~~

tanggal kunjungan dokter : 13 Februari 2010
Bulan February ini Obat yang diberikan :

Obat_Terapi_Februari
1. Neo gynova (Metronidazole, Nystatin)
2. Cyclo-Progynova (Estradiol Valerete + Norgestrel)–> diminum hari kelima haid, ada 21 butir (Yang ini kayak kapsul KB yang diminumnya ada urutannya)
3. Actos (Pioglitazone),–> obat gula yang diminum 1x sehari rutin selama 30hari
4. Profertil (Clomiphene Citrate USP) 50mg, ada 5tablet yang diminum hari kelima haid.
5. Esthero 0,625 (Conjugated Estrogen), ada 10 tablet, diminum setelah obat profertil habis, ini juga kayak ada urutan hari buat minum tiap tabletnya

NB : haidku tanggal 14February2010
Hasilnya : haid tepat waktu hanya siklus 28 hari, tapi sel telurnya sudah 2 bulan lebih tidak pecah2. Haid tepat 28 hari … 14 Maret 2010

~~~ JANUARI ~~~~

Bulan Januari ini Obat yang diberikan :
1. Hexilon 4 (Methyl Prednisolene)
2. Prothyra 10mg
3. Tudiab (Metformin) –> ini 1x tiap hari selama 1 bulan … katanya ini juga disebut orang gula

Haid : 31 Desember 2009
Hasilnya :
Efek dari obat Methformin bikin mual2 and diare di awal2 pemakaian (sekitar diare 4hari awal, dan mual sepanjang minum tu obat.. hemm… ini buat dedeknya dateng jadi kudu diterima)
terlambat bulan 2 minggu (katanya dokter ini buka efek lhoo).. sampe sekarang ini masih tanda tanya.. ???

nb : Tapi tetap .. Tuhan Yesus adalah yang menjadi Boss-nya disini ..-anya

Advertisements

30 thoughts on “Diary Therapy Hamil for PCOs

  1. Hi Sari (bener ga ya panggilan km ini hehe),

    Salam kenal ya, aku Elaine. Aku nikah Nov 2009 lalu. Jan 2010 aku ke periksa ke dokter kandungan, diagnosis dokter aku terkena PCO, kita senasib ya hehe.. Memang dari pertama kali dpt haid ga pernah teratur, kdng bisa sampe 6 bln baru haid lagi. Dari dulu sejak SMP aku sudah pernah ke bbrp dokter kandungan, katanya tidak masalah.
    Makanya begitu abis merit aku langsung ke dokter dan di USG trans dan baru ketauan kalau aku PCO.
    Salut deh sama km, sudah kemana2 tp msh tetep aja semangat 🙂
    Sedih ya kalau denger ada org yg merit nya belakangan dari kita tp udah langsung hamil.
    Temen kantor ada nih yg baru merit Jan 2010 skrg udah hamil 6 mgg. Begitu dengar aku langsung sedih..org lain kok gampang bgt ya hamilnya.
    Btw km dikasih obat sama dokter banyak banget ya, aku cuma dikasih Efomet.

    Regards,
    Elaine

    • hai Elaine …
      Yah.. kalo gak kuat berjuang.. mau gimana lagi .. kita harus kuat
      Dan terus terang emang bukan hal mudah .. tapi ada Janji Tuhan yang kupegang

      Mba Elaine juga terus berjuang ya
      aku percaya akan ada saatnya mba dapet hamill

  2. Hai Sariii……moga masih inget ama aku 🙂
    lama nggak ngup’date si Lilin ternyata sudah ada edisi 2010

    lama juga kita ga emai’an ya ….

    Sari n Mba Elaine, aku juga ada Pcos…waktu masih minum metformin, berat badan cepet turun. Dalam waktu 3 bulan Pcos nya bisa berkurang banyak. Dokter bilanng cepet banget ilangnya, biasanya baru 6bulanan juga masi ada yang bandel.
    Waktu ketahuan PcoS itu aku msih di RS Swasta Jak Pus, setelah lama ga ada perkembangan pas pulang ke Magelang aku ke dokter lain, trus mo di tiup (pertubasi ya…) ternyata aku ada keputihan. n diagnosa juga sama ada PCos. setelah balek ke Jkt ke dokter yang sama lagi. lama lama bosen kutinggalin.

    Tahun 2009, Agustus aku baru pindah ke Klinik khusus di SM. dapet rekomendasi temen. Ternyataaaaaaa…..serentetan pemeriksaan harus dijalani. Dari mulai cek darah, hormon, mikrokuretase…..lengkap kap kap pokoknya……sama juga PCos, virus, komplit deh. Dan semuanya itu butuh ekstra sabar ….

    Sabar ati, sabar denger komen orang, sabar ditanya kapan punya momongan. Tapi sekarang sih nyantai ajalah. Kontrol tetep. Obat juga masih jalan.

    Tetep semangatttttt …..
    Percaya Dia, pasti ada waktunya ….

    Gbu

    • hai mbak elisa. namaku rima, aku juga penderita pco. aku tau pco setelah kontrol ke spog. sudah cek darah dan sempat mau ikutan program supaya cepat hamil tapi trus aku hentikan karena menurut dokter kenalan ibu mertuaku, obat-obatan itu malah bisa ganggu hormon kita. dokter kenalan ibu mertuaku itu menyarankan spy sy diet dan rajin buatnya.
      dari saran dokter itu akhirnya aku giat nyari cara untuk bisa kurus drpd nyari spog. sempat ikut fitnes tp malah jadi migren setelah fitnes. akhirnya aku ketemu sm produk herbalife dan cocok. sebulan pake herbalife, aku mulai haid teratur wlpn tanggalnya masih berantakan tp setidaknya setiap bulan aku haid.
      trus karena ini mmg produk untuk diet jadinya badanku juga tidak dmbh gemuk, malah cenderung mengurus. setahun pake herbalife sm rajin buat dengan segala macam teknik yang mendukung he3x akhirnya aku berhasil.
      karena penasaran dan memang mau sekalian papsmear, setelah anakku umur 1 tahunan aku ke spog di rscm, amazing pco ku bisa dikatakan hilang. tentunya aku masih minum itu herbalife tp tidak serajin dan selengkap dulu pas program.
      kagetnya lagi anak yang pertamaku belum genap 2 tahun, aku sudah hamil lagi!!! taunya hamil kayak org biasa gitu (tidak haid selama 2 bulan). “buatnya” juga tidak berteknik dan cenderung malah tidak mungkin “jadi” dgn cara seperti itu ha3x
      sekarang aku yang dari pco jadi yang mudah pny anak he3x. akhirnya usaha dan doaku terkabul

  3. hi elissaa..
    Iya aku masih inget kamu bangets…

    Wah ternyata kita sama ya… eh SM itu Sammarie ya? yang di wijaya? pake dokter siapa? aku udah pernah disana sekitar 4 bulan (lihat posttinganku sebelumnya deh).. dan jujur aku kecewa dengan pelayanan disana, karena harga yang cukup mahal (dengan test lab yang terus menerus) dan service kurang menenangkan hati.. Tapi kalo Elisa mau coba.. silahakn semoga berhasil..
    Eh ada yang pernah ke Klinik Morula Bunda gak? katanya cukup bagus lho..

    Keep in touch ya

  4. Hi Mba Sari..lam kenal:-)
    Aq baru aja nemi blog Mba Sari n terharu baca2 postingannya..mungkin krn aq jg senasib sama Mba, lg usaha buat menghadirkan si Dede ke dlm kehidupan kami:-)
    Aq jg lagi program sama Prof.Jacoeb di SM, ini baru aja slesei ngejalanin tes2 yg super duper ribet ituh, dan kl dah ketawan hslnya baru konsultasi lagi. Sebelumnya aq jg dah pernah periksa ke RS Brawijaya tphasilnya kurang memuaskan, makanya ini lagi nyoba di SM atas rekomendasi temen.
    Ngerti siy, emang capek bgt ngejalaninnya..rasanya udah mau pasrah aja, tp skali lg kl ini impian harusnya ga blh ada kata “nyerah”. Aq n suami jg terus doa, smoga semuanya dimudahkan (terutama mslh biaya) krn emang ini yg paling berasa yah say.. But, sudahlah, anggap aja ini pengorbanan qt yah Buw, usaha sungguh2 plus rela berkorban apa aja semoga jg jd nilai plus qt dihadapan Tuhan:-)
    Ow ya, pernikahan km jg ga beda jauh koq sama Mba Sari, km sdh menikah 16 bulan:-)

    • Hi mba Retno… makasih kunjungannya .. aku jadi tau kalo ada yang merasa senasib.. secara disekitarku semua tekdung.. he he he

      Aku pernah kunjungi blog-mu… it’s nice blog sist. Aku link ke blog-ku yaaa

      Aku saat ini sudah 2,5thn menikah… lg tahap mencari akal biar gak stres.. he he he..

      tapi ayoo sama berjuang… dibuat santai (ini dari teori..xixixii)… ayooo

  5. hi temen-temen…
    ternyata banyak yang masih belum dikasih kepercayaan untuk memiliki seorang anak….aku sudah 7 thn menikah, mungkin ini salahku juga karena aku terlalu santai banget dan yakin aku bisa hamil secara alami tanpa perlu ke dokter, tp mungkin ini smua adalah rencana Tuhan, sampai aku dimatangkan utk bisa memiliki anak…dan memang sih baru bbrp bulan terakhir ini aku melakukan pengobatan2 dan terapi minum jus tauge…
    tapi aku tetep yakin dan percaya tidak ada yg mustahil bagi Tuhan…dan aku percaya semua pasti indah pada waktunya….yang pasti kita tetap berdoa dan berusaha..okey!!! GBu all

  6. kalau rejeki kita udah diatur sama Tuhan, gak mgkn diambil orang kan mbak. semoga kita banyak rejeki khususnya momongan. oh iya, aku intan, salam kenal mbak. aku juga mau cek, tapi blm smpat, dulu sebelum merit dr. bilang aku pcos juga. udah 6 bulan pernikahan blm ada hasil.

    mgkn kita harus banyak bersedekah ya mbak. biar rejeki lancar terus.. (:-) kayaknya ku kurang bersedekah. :p

  7. ªķΰ cuman share aja untuk kalian yang mengalami susah mendapatkan momongan!
    ªķΰ pernah dengar katanya buah kurma yang belum masak atau mentah berkhasiat buat dapat momongan. Kaya saiful jamil N virginia (alm) kan dikasih buah kurma yang masih mentah (ranum). Kalo kalian month coba! Tapi sukses tolong di share ќε lain nya ya.
    ° • · ♥·♡ τнäиκ чöü ♥·♡ · • ° ☺ τhαñk ϔσù ²✗’

  8. ak sejak 2006 di vonis pco sdh ke 3 dktr tp blm lancar jg..ak msh terapi tiap 3 bln jika haid tdk datang..semoga ak dberi ketabahan ya..he he he..obat2 dktrnya hmpir sma ma tmn2 ..tp ak msh yakin bs hamil..rencana thn ini ak merit smg ak dberi ksempatan pnya bnyk anak

    • hi jeng. aku sempat kena pco tp syukur alhamdullilah akhirnya aku bisa hamil dan menurut dokter aku sdh sembuh. klo mau tny” soal pco, bs email ke aku ya. siapa tau bs nular ilmunya.
      btw, kyknya aku mau hamil anak ke2 lg deh

  9. hi mb sariii…
    ak jg lg promil.. ud 5 bln merid tp blm ad dede nya.. :’) skrg lg promil, cek k dokter. menurut dokter sih krn ak kelebihan berat badan sedikit, n harus diturunin lg k berat badan semula biar kemungkinan ku bwt hamil tambah besar… mgkn krn ud kerja n pny uang sendiri, stress, de-el-el jd bawaanny makan mulu y,,, hihihiii… swl ny sejak gemuk siklus haid ku nggak lancar, bisa 2-3 bulan sekali, pdhl dulu rutin tiap bulan. sempet down bgd, tp tnyta ak g sendiri.. ayookk saling menguatkan, bjuang sama2 bwt dede2 qt nanti ^^

    • mau ngurusin badan yang efektif dan memperbaiki hormon kita, pake herbalife deh jeng. aku dulu sempat kosong 2-3 tahun karena PCO karena kegemukan. alhamdulillah berhasil punya anak dan PCOku sembuh pula.

  10. hi, salam kenal. aku dulu juga kena pco tp alhamdulillah bisa hamil trus skrg kyknya aku mau hamil anak ke2 nih dan hebatnya pco ku sdh sembuh (berdasarkan hasil tes dr dokter).
    btw, skrg sdh pny anak blm? klo belum, bisa email aku. siapa tau bs nular ke kmu he3x

  11. ♍a̐Lέ♍.. SalAm kenal all.. Untuk Mba rima q minta emaail nya mba donk. Klo boleh tw obat herbal nya apa ya? Pengen sharing2. ˚˚♥♍άKα§îîîîîĦ♥˚˚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s